EkonomiFeature

Visi Makmur Wujudkan Kadin Aceh Lebih Baik

Ketua Kadin Aceh, Makmur Budiman, SE | Foto: Boy Nashruddin Agus

NAMA Makmur Budiman sudah tidak asing di mata sebagian kalangan di Aceh. Sosok pengusaha sukses ini, bahkan dikenal luas di dunia usaha, serta memiliki sejumlah bisnis di berbagai sektor, seperti perkebunan, energi, dan jasa.

Makmur yang merupakan putra Montasik, Aceh Besar, kini berniat maju di bursa pemilihan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh. Bersama kandidat lainnya, Makmur Budiman bakal menjadi salah seorang yang bakal dipilih oleh para pengurus organisasi pengusaha tersebut, di Musprov ke-VI yang berlangsung pada 16-18 Juni 2019 mendatang.

Bang Makmur, begitu sapaan karibnya dikenal luas. Alumni Unsyiah yang saat ini menjabat sebagai Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Banda Aceh ini, kepada popularitas.com, mengungkapkan alasannya mendaftarkan diri sebagai Ketua Kadin Aceh.

“Saya ingin membangun dan membesarkan organisasi ini menjadi kuat, profesional, mandiri dan modern,” kata pria yang juga menjabat Wakil Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Pusat tersebut.

Baca: Makmur Budiman Daftar Calon Ketua Kadin Aceh

Untuk mewujudkan visi tersebut, sebagai organisasi, Kadin harus memiliki dana abadi atau endawment fund, yang dengan sumber daya tersebut, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan banyak hal.

Dana abadi Kadin Aceh, nantinya dapat berasal dari sumbangan berbagai kalangan, baik dari unsur anggota, dana CSR BUMN, dan juga sumber lainnya yang sah.

Dengan dana itu, Kadin akan berperan lebih aktif dalam membantu Pemerintah Aceh mewujudkan kemandirian ekonomi serta menjadi mitra strategis pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan.

“Kadin Aceh harus memiliki dana abadi, yang dengan keberadaan dana itu dapat dimaksimalkan untuk membentuk masyarakat,” cetusnya.

Baca: PT PEMA Dukung Makmur Budiman Ketua Kadin Aceh

Lebih lanjut Makmur menerangkan, jika nantinya terpilih, maka dana abadi itu akan Ia wujudkan dengan berbagai upaya. Salah satunya dengan melibatkan seluruh anggota Kadin, dan pihak pengusaha, serta pihak lainnya yang memiliki cita-cita dan visi yang sama.

Ia berkeyakinan, melalui dana abadi tersebut, banyak hal yang dapat dilakukan. Diantaranya membantu para pengusaha kecil yang memiliki keterbatasan pada akses permodalan, memberikan beasiswa kepada para petani di Aceh untuk dapat belajar ke luar negeri guna mempelajari teknik pertanian modern, serta membantu mahasiswa yang baru lulus kuliah yang memiliki skil entrepreneurship untuk dapat maju dan berkembang menjadi pengusaha sukses.

Makmur optimis, cita-citanya mewujudkan dana abadi Kadin Aceh akan dapat terwujud. “Jika nanti terpilih sebagai ketua, langkah pertama hal tersebut yang akan saya wujudkan,” tukasnya. (SKY)

Shares: