News

Satgas Covid-19 Pidie Jaya Pastikan Swab Antigen Gratis Untuk Peserta Ujian PPPK

Penerima Bansos di Pidie Jaya ramai-ramai ikut vaksin Covid-19
Eddy Azwar, Juru Bicara Kesehatan Satgas Covid-19 Kabupaten Pidie Jaya

POPULARITAS.COM – Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Pidie Jaya, memastikan akan memberikan pelayanan diagnosa COVID-19 terhadap calon PPPK dengan metode tes Antigen agar bisa mengikuti ujian SKD.

Ujian SKD calon PPPK Pidie Jaya rekrutmen tahun 2021 itu sendiri mulai berlangsung Senin kemarin dan akan berakhir pada Kamis 16 September 2021.

Di mana sebelum mengikuti ujian tersebut PPPK diwajibkan menunjukkan surat bebas COVID-19 yang dibuktikan dengan tes PCR maupun antigen.

Baca: Tujuh Calon PPPK di Pidie Jaya Gagal Ikut Ujian

Bahkan pelayanan yang diberikan test antigen yang diberikan oleh Satgas COVID-19 terhadap calon PPPK tidak dikenakan biaya.

“Ada kita buka pelayanan test antigen terhadap calon PPPK bahkan sudah berlangsung selama dua hari, dan tidak dipungut biaya,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Eddy Azwar saat dikonfirmasi popularitas.com, Selasa (13/9/2021).

Pasalnya, alat Rapid Diagnostis Tes Antigen (RDT-Ag) di Satgas COVID-19 merupakan barang yang didistrubiskan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Adapun waktu pelayanan yang diberikan oleh Satgas yang bertempat di ruang Isolasi Gedung Tgk Chik Pante Geulima, komplek perkantoran Bupati Pidie Jaya itu dari pagi hingga pukul 16.00 WIB sore hari.

Informasi yang dikumpulkan popularitas.com, jika di Satgas pelayan diberikan gratis, sedangkan di Rumah Sakit Umum Daerah Pidie Jaya, RDT-Ag itu berbayar, persekali test Rp 100 ribu.

Hal itu disebabkan pelayanan swab antigen tidak termasuk dalam katagori pelayanan BPJS, atau pasien umum non BPJS.

Hal itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Kemenkes RI Nomor : HK.02.02/I/3065/2021 tentang batas tarif tertinggi Rapid Diagnostis Tes Antigen.

Editor: dani

Shares: