Republik Ceko jajaki investasi sejumlah bidang di Aceh

POPULARITAS.COM – Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, H.E MR Jaroslav Dolecek, menyatakan keinginan negaranya untuk berinvestasi di Aceh. Pernyataan tersebut disampaikannya saat bincang santai dengan pengurus Kadin di salah satu warung kopi di Banda Aceh, Kamis (29/4/2021).

Dijelaskannya, ada beberapa potensi yang telah dilihat dan dijajaki pihaknya untuk dapat nantinya bisa bekerjasama dengan pemerintah Aceh, seperti sektor pariwisata, pendidikan, pertanian, dan dukungan lingkungan hidup, dan juga teknologi

Disektor pariwisata, pihaknya tertarik untuk pengembangan sejumlah destinasi wisata di ujung barat sumatera ini. Sementara di sektor pendidikan, Republik Ceko akan meningkatkan hubungan dengan bekerjasama menerapkan sister university atau universitas kembar dengan salah satu kampus di negaranya dengan Universitas Syiah Kuala.

Baca juga : Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceko Bakal ke Aceh

Sementara itu, pada bidang pertanian atau agriculture, pihaknya tertarik untuk bisa membeli produk kopi arabica, dan di pengembangan infrastruktur terkait dengan sister city atau kota kembar.

Sementara itu, sektor lingkungan hidup, ada beberapa opsi yang tengah di jajaki pihaknya untuk dapat dikerjasamakan dalam upaya pelestarian lingkungan berkesinambungan.

“Ini kehadiran saya pertama kali ke Aceh, dan saya menyukai kopi arabica,” katanya.

Diterangkannya lebih lanjut, pada Juni 2021 mendatang, dirinya akan kembali ke Aceh, bersama dengan sejumlah delegasi dagang, dan juga bersamaan dengan Meneri Lingkungan Hidup Republik Ceko.

Saat ditanyakan tentang keamanan dan kenyamanan berinvestasi di Aceh, Dubes Ceko itu menegaskan hal tersebut bukanlah sesuatu hal yang patut untuk diragukan. Sebab perdamaian yang telah berlangsung puluhan tahun di provinsi ini, dan perkembangan kehidupan masyarakat saat ini, hal tersebut bukan menjadi persoalan.

“Pada Juni mendatang, saya akan bawa delegasi yang lebih besar, dan berharap ada hal yang bisa segera di kerjasamakan di Aceh,” sebutnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin Aceh, Muhammad Mada, menyambut baik langkah dan keinginan Republik Ceko yang melirik sejumlah potensi di provinsi ini.

Pada prinsipnya, kata Cek Mada, sapaan karibnya, dirinya dan para pengurus Kadin sangat berharap ada hal yang nyata dan segera bisa dikerjasamakan antara Aceh dengan Republik Ceko, apakah itu sektor pariwisata, ataupun pertanian. “Harapan kita pertemuan awal ini kedepannya bisa menghasilkan hal yang kongkrit mereka bisa berinvestasi di Aceh,” kata Cek Mada menambahkan.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir juga Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMTSP) Aceh, Marthunis.

Laporan : Hendro Saky

 

-ads-

-ads-
1 Komen
  1. […] juga : Republik Ceko jajaki investasi sejumlah bidang di Aceh Dalam pertemuan tersebut, setidaknya terdapat sejumlah peluang kerjasama yang bicarakan antara […]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.