News

Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceko Bakal ke Aceh

Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng (Kiri), memberikan cindera mata kepada Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia H.E. MR. Jaroslav Doleček saat melakukan kunjungan ke Universitas Syiah Kuala, Kamis (29/4/2021). (Istimewa)

POPULARITAS.COM – Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia H.E. MR. Jaroslav Doleček beserta rombongan melakukan kunjungan ke Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Kamis (29/4/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka mempersiapkan kedatangan Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceko ke Indonesia pada Juni 2021 dan akan dilanjutkan ke Provinsi Aceh, serta secara khusus akan mengunjungi USK pada tanggal 10 Juni 2021.

H.E. MR. Jaroslav Doleček hadir bersama Deputi Duta Besar Ceko Mr. Jakub Černý, Asisten Kedutaan Besar  Ms. Jana Horčičkova, Pemerhati lingkungan hidup dari Ceko Mr. Tomas Ouhel, dan  Staf Khusus Ketua Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia Dr.H.Rahmat Shah.

Rombongan ini disambut oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng di Ruang Rektor universitas setempat di Banda Aceh.

Rektor USK, Prof Samsul Rizal dalam sambutannya mengatakan, kampus yang ia pimpin merasa sangat terhormat atas kunjungan delegasi Dubes Republik Ceko ini ke kampus tersebut.

Menurut Samsul, kunjungan ini dengan tujuan untuk melanjutkan hubungan kerja sama dan menjajaki beberapa peluang kerja sama lain, antara USK dengan berbagai Perguruan Tinggi di Ceko.

“Kita ingin melanjutkan kerja sama antar universitas kita (USK dan beberapa univ di Ceko), khususnya dalam bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan,” ucap Samsul dalam keterangannya.

Selain itu, Samsul juga menilai tentang perkembangan nano technology yang dimiliki oleh Republik Ceko sangatlah menarik. Untuk diketahui, saat ini USK telah memiliki program kerja sama dengan University Malaya untuk pengembangan natural nano fiber.

Untuk itulah, Samsul berharap USK bisa melakukan kolaborasi riset dengan beberbagai perguruan tinggi yang ada di Ceko untuk pengembangan teknologi ini. Sebagai bentuk jalinan kerja sama tersebut, Rektor mengungkapkan, bahwa USK telah berinisiatif untuk memperkenalkan kebudayaan Ceko di lingkungan kampus. Caranya yaitu dengan mendirikan Czech Corner di Perpustakan USK.

Sementara itu Jaroslav Doleček mengungkapkan, pihaknya merasa senang karena telah disambut secara hangat dan menjadi bagian untuk menyukseskan hubungan USK dengan perguruan tinggi di negara asalnya.

Jaroslav Doleček menyambut baik minat USK untuk melakukan riset bersama terkait nano technology. Ia mengakui, hal tersebut merupakan sebuah keunggulan di negaranya.

“Kami berusaha yang terbaik dalam bidang nano tech dan kedepannya pun akan mengusahakan lebih banyak lagi dalam bidang ini.  Tentu, kami sangat bangga kepada USK yang tertarik dengan riset ini,” ucapnya.

Adapun terkait rencana USK untuk mendirikan Czech Corner,  Jaroslav Doleček menyampaikan terima kasih terkait rencana tersebut. Kedutaan Republik Ceko nantinya akan memberikan kontribusi untuk Czech Corner, agar kelak mahasiswa dapat mengenal lebih jauh mengenai Republik Ceko.

“Kami berharap hal ini dapat menyatukan masyarakat kita dan menjadikan hubungan  kita lebih dekat,” ucapnya.

Jaroslav Doleček dalam sambutannya menyebutkan, kunjungan Menteri Lingkungan Hidup Ceko nantinya juga akan diikuti oleh delegasi dari negara tersebut terdiri dari para pengusaha dan rektor dari beberapa universitas, termasuk di dalamnya rektor Ostrava University yang telah menandatangani MoU dengan USK.

“Dengan adanya kunjungan tersebut nantinya akan semakin memperkuat kerja sama antar berbagai pihak, termasuk khususnya dengan USK,” kata Jaroslav Doleček.

Editor: dani

Shares: