NewsOlahraga

Kemendagri minta Aceh dukung anggaran Koni untuk PON Papua 2021

Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), meminta agar Pemerintah Aceh, memberikan dukungan anggaran melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) daerah ujung barat Sumatra tersebut, demi suksesnya penyelenggaran PON di Papua yang akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober 2021 mendatang.
Kemendagri minta Aceh dukung anggaran Koni untuk PON Papua 2021
Kepala BPKA, Azhari, didampingi Kabid Peningkatan Pembinaan Prestasi Olahraga Dispora Aceh, Teuku Bustamam mengikuti Rapat Koordinasi Dukungan PON XX dan Peparnas XVI Tahun 2021, bersama Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri Mohammad Adrian, secara virtual dari Kantor Gubernur Aceh, Senin (16/8/2021).

POPULARITAS.COM – Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), meminta agar Pemerintah Aceh, memberikan dukungan anggaran melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) daerah ujung barat Sumatra tersebut, demi suksesnya penyelenggaran PON di Papua yang akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Mohammad Andrian, dalam acara terkait dengan sistem dan mekanisme anggaran guna dukungan terhadap suksesnya PON Papua, Selasa (16/8/2021).

Dalam arahannya, Mohammad Andrian menjelaskan tentang regulasi dan aturan yang mendukung guna adanya penganggaran untuk atlet dan official juga dapat berpartisipasi pada suksesnya PON di Papua.

baca juga : Vaksinasi jadi Syarat Bagi Atlet dan Ofisial Bisa Ikut PON Papua

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Peningkatan dan Pembinaan Prestasi Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh, Bustamam, menjelaskan, saat ini, pada tahun anggaran 2021, pihaknya telah memperkuat Koni di daerah ini dengan dana sebesar Rp52,5 miliar melalui skema hibah.

Ia menjelaskan kemudian, proses pencairan anggaran telah mencapai 60 persen, dan seluruh penggunaan dana diperuntukkan memperkuat atlet Aceh yang akan bertanding pada even olahraga terbesar skala nasional tersebut.

Bustamam mengatakan, di PON XX Tahun 2021 Aceh mengikuti seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan. Total kontingen Aceh berjumlah 215 orang, yang terdiri dari atlet, pelatih, pelatih asing, manager, official dan PAM Keamanan dari Polri dan TNI.

Selain itu, kata Bustamam, pihaknya juga menganggarkan dana sebanyak Rp2,9 miliar lebih untuk atlet Aceh yang ikut Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) yang juga digelar di Papua pada November mendatang.

Editor : Hendro Saky

Shares: