Vaksinasi jadi Syarat Bagi Atlet dan Ofisial Bisa Ikut PON Papua

POPULARITAS.COM – Sudah mengikuti vaksinasi Covod-19 menjadi syarat utama bagi atlet dan ofisial bisa mengikuti perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

“Ini perintah Presiden di masa pandemi ini bahwa protokol kesehatan secara ketat harus diterapkan,” kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman dalam keterangan resminya, Kamis (15/7/2021).

Marciano juga mengatakan, Papua sebagai tuan rumah mesti memastikan pula bahwa selain para atletnya, syarat sudah divaksinasi juga berlaku bagi penonton dan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi pertandingan olahraga.

“Petugas-petugas di situ juga harus sudah divaksinasi,” imbuh Marciano Norman.

Sejauh ini, kata Marciano Norman lagi, pihaknya masih menanti arahan lanjut dari Presiden Joko Widodo berkenaan dengan penyelenggaraan PON XX Papua.

PON XX Papua sedianya berlangsung pada setahun silam. Namun demikian, pandemi Covid-19 membuat kegiatan itu ditunda hingga 2021. Dalam catatan KONI, PON XX Papua akan berlangsung mulai Rabu (20/10/2021) sampai dengan Kamis (4/11/2021).

Menurut rencana, Stadion Lukas Enembe yang awalnya bernama Stadion Utama Papua Bangkit akan menjadi pusat penyelenggaraan PON XX Papua.

Stadion yang letaknya di di Kampung Harapan, Kelurahan Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua ini akan menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan PON XX 2020. Stadion Lukas Enembe memiliki tampung lebih dari 40.000 penonton.

Pembangunannya dimulai sejak akhir 2016 dan selesai pada Mei 2019. Selain Kota Jayapura, ada Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke yang menjadi lokasi-lokasi pertandingan cabang olahraga PON XX Papua.

Sumber: Kompas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.