DPRA Minta PT Medco Ditutup Sementara

POPULARITAS.COM – Ketua Komisi II DPR Aceh, Irfannusir meminta pemerintah untuk menutup sementara PT Medco E&P Malaka Block-A di Kabupaten Aceh Timur, menyusul kembali keluarnya bau yang diduga gas.

“Karena kejadian di Medco ini terus terulang, kita minta pemerintah untuk menutup sementara, sampai ada komitmen mereka menjaga lingkungan,” kata Irfannusir kepada wartawan, Senin (28/6/2021).

Hal yang sama juga terjadi pada pertengahan April 2021 lalu, di mana sejumlah warga dilaporkan menjadi korban akibat keracunan asap flaring gas PT Medco E&P Malaka Block-A.

Baca: 513 Warga Aceh Timur Mengungsi Akibat Bau Menyengat Gas PT Medco

Politikus PAN itu pun ikut menyesalkan akibat kejadian tersebut. Ia heran perusahaan sebesar Medco bisa mencemari lingkungan dan menyebabkan jatuhnya banyak korban.

“Memang sangat kita sesalkan perusahaan sebesar Medco bisa mencemari lingkungan dan menyebabkan jatuhnya banyak korban, jika kita  menyalahkan Medco sepenuhnya juga kurang tepat, karena di sana juga terdapat kelalaian pengawasan dari pemerintah, baik pemerintah kabupaten maupun provinsi,” ujarnya.

Menurut Irfan, perusahaan-perusahaan yang berpotensi mencemari lingkungan dan berakibat fatal terhadap manusia seyogyanya mendapat pengawasan ekstra ketat dari pemerintah, terutama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh.

“Pengawasan pemerintah yang perlu ditingkatkan terutama dinas terkait DLHK dan ESDM. Kalau pemerintah lengah pasti kejadian serupa akan terulang,” kata dia.

Editor: dani

Comments
Loading...