News

DPRA Desak Pemerintah Aceh Evakuasi Mahasiswa di Wuhan

Mahasiswa asal Aceh di Wuhan. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Anggota DPR Aceh, Falevi Kirani mendesak agar Pemerintah Aceh harus responsif untuk memulangkan mahasiswa Aceh di Wuhan, China. Menurutnya, dalam upaya pemulangan itu harus ada langkah yang jelas dan sistematis.

“Harus ada langkah strategis untuk memulangkan mahasiswa kita. Pemerintah Aceh tidak cukup hanya beropini di media, tanpa melakukan action,” kata Falevi saat ditemui di kantor DPP PNA, Senin, 27 Januari 2020.

Baca: Cerita Sapriadi, Mahasiswa Aceh yang Terjebak Saat Liburan di Wuhan

Menurutnya, sudah lebih satu minggu virus corona mewabah di Wuhan, namun, Pemerintah Aceh belum juga menjelaskan bagaimana langkah yang akan diambil dalam pemulangan mahasiswa Aceh di Wuhan.

Apabila hanya beropini, kata dia, dan tidak melakukan langkah strategis dan tepat, menurutnya akan berakibat fatal bagi mahasiswa Aceh disana.

Baca: Pemerintah Aceh Tunjuk Dua Rumah Sakit Rujukan Tangani Corona

“Jangan hanya sekedar komunikasi, saya rasa itu tidak menjawab persoalan. Harus ada skema yang jelas dan tahapan dalam melakukan pemulangan mahasiswa Aceh,” sebutnya.

Pihaknya juga akan memanggil Dinas Kesehatan Aceh untuk menjelaskan sejauh mana kondisi mahasiswa dan warga Aceh yang berada di China.

Sebelumnya, Pemerintah Aceh telah memberi perhatian serius terhadap pelajar Aceh di Kota Wuhan, China. Koordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tiongkok, dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) di Jakarta terus dilakukan untuk memastikan anak-anak Aceh di sana dalam keadaan sehat dan aman.

“Koordinasi terus kita lakukan dengan Kemenlu RI di Jakarta dan KBRI di China,” ujar Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah A Gani.

Ia menjelaskan, Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah, MT telah menugaskan Kepala Dinas Soaial Aceh, Alhudri bertemu dengan anggota Komisi I DPR RI dan Kemenlu RI untuk berkoordinasi, guna menentukan langkah-langkah antisipatif yang perlu dilakukan terhadap mahasiswa di sana. (DRA)

Shares: