Aceh Barat kembangkan budidaya kelapa pandan wangi

POPULARITAS.COMKabupaten Aceh Barat kembangkan budidaya kelapa pandan wangi. Hal tersebut sebagai bagian mendukung produk unggulan daerah untuk untuk ketahanan pangan.

Hal itu disampaikan oleh Syafrizal, Keuchik Gampong Kuta Padang, Aceh Barat, saat penanaman kelapa pandan wangi di desa tersebut. “Program ini dilakukan bersama masyarakat setempat juga selaras dengan program Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten, yakni menyikapi kelangkaan pangan,” katanya kepada Antara, Senin (19/9/2022) di Meulaboh.

Menurut Syafrizal, hingga saat ini sekitar 800 lebih pohon kelapa sudah ditanam di lokasi tersebut, sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain kegiatan budidaya ikan air tawar, dalam kawasan tersebut juga akan dibuka usaha kuliner.

Sementara itu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Fuadri menyatakan dukungannya dan siap membantu perekonomian masyarakat melalui pengembangan budidaya kelapa hibrida tersebut.

“Penanaman Kelapa Pandan Wangi ini dalam rangka memberikan dukungan percepatan pengembangan kawasan ekonomi terpadu dan agro wisata, yang terletak di tengah Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat,” kata Fuadri.

Menurutnya, untuk sementara ini ada sekitar 200 batang pohon kelapa yang ditanam di lokasi agrowisata tersebut, yang dialokasikan melalui program pokok pikiran (Pokir) dewan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) tahun 2022.

Fuadri mengatakan, bantuan 200 bibit kepala pandan wangi yang siap ditanam tersebut dilakukan untuk memberikan dukungan agar kawasan tersebut menjadi kawasan ekonomi baru di tengah Kota Meulaboh.

Selain pohon kelapa, di lokasi tersebut juga sudah banyak komoditas yang dikembangkan dalam kawasan ekonomi terpadu dan agrowisata tersebut, seperti padi, jagung, sayur manyur, ikan, dan kelapa.

“Saya optimistis bila program ini di dukung oleh masyarakat dan terus berjalan dengan baik. Apalagi kepala desa terpilih sudah berkomitmen mengembangkan kawasan ini,” kata Fuadri.

Selain itu, kata dia, kawasan agrowisata yang ada di Desa Kuta Padang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat juga bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata kuliner yang akan mendatangkan banyak orang untuk berkunjung dengan menghadirkan suasana baru di tengah pusat Kota Meulaboh.

Comments
Loading...