News

Harga Minyak Nilam Stabil, Petani Semangat Tingkatkan Budi Daya

POPULARITAS.COM – Ketua Koperasi Inovasi Nilam Aceh (Inovac), Khairan mengatakan, saat ini harga minyak nilam Aceh relatif stabil, petani dan penyuling semangat melakukan peningkatan budi daya.

Khairan menyampaikan hal tersebut di sela-sela menerima petani penyuling nilam dari Aceh Utara, yang membawa minyak nilam untuk dijual kepada Inovac.

“Hari ini Inovac membeli minyak nilam masyarakat seharga Rp.680.000 per kg. Inovac akan memproses lebih lanjut minyak nilam tersebut hingga kandungan Patchouli Alkoholnya meningkat dan digunakan sebagai bahan fiksatif parfum,” jelas Khairan dalam keterangannya, Senin (5/2021).

“Inovac akan membutuhkan semakin banyak minyak nilam seiring peningkatan produksi parfum, hand sanitizer, desinfektan dan produk turunan nilam lainnya”, lanjut Khairan menjelaskan.

Sementara itu petani dan penyuling nilam dari Aceh Utara, Amril menyampaikan bahwa dirinya dan para petani di desanya sedang bersemangat menanam nilam karena ada kepastian harga yang baik dari Inovac.

Inovac telah bekerja sama dengan Perancis dan juga mampu memproses nilam menjadi parfum dan produk lainnya sehingga, pihalnya ada kepastian harga yang sesuai dengan harapan.

“Secara mandiri kami sudah membuat ketel penyulingan kapasitas 400 kg dari bahan stainless steel, dan hari ini kami ke Banda Aceh menjual minyak nilam ke Inovac”

“Kami berharap dapat bekerjasama dengan berbagai pihak agar masyarakat dapat meningkatkan budidaya dan penyulingan nilam sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat,” jelas Amril lebih lanjut.

Amril juga berharap agar Universitas Syiah Kuala melalui ARC-PUIPT Nilam Aceh dapat terus melakukan pendampingan bagi kelompok petani penyuling nilam di Aceh Utara.

Shares: