News

Vaksin Moderna Mulai Diberikan ke Masyarakat Umum di Aceh

Vaksinasi di Banda Aceh Convention Hall. (Ist)

POPULARITAS.COM – Masyarakat umum di tiga kota dalam Provinsi Aceh mulai menerima suntikan dosis booster moderna. Ketiga kota ini adalah Banda Aceh, Lhokseumawe, dan Langsa.

“Di beberapa tempat di Aceh sudah mulai (disuntik moderna), seperti Banda Aceh, Lhokseumawe, Langsa,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh, Iman Murahman saat dikonfirmasi, Senin (23/8/2021).

Dari data diperoleh di lapangan, Iman menjelaskan ada sekitar 500-an masyarakat umum di Aceh telah diberikan dosis moderna. Ini merupakan dosis pertama bagi mereka.

“Mereka yang belum pernah vaksin sama sekali. Dosis pertama langsung ke moderna,” jelas Iman.

Dalam kesempatan itu, Iman juga menyampaikan bahwa vaksinasi dosis ketiga kepada tenaga kesehatan (nakes) terus digenjot. Hingga saat ini, sebanyak 4744 nakes di Tanah Rencong telah disuntik dosis moderna.

“Progresnya agak sedikit berjalan lambat, karena memang moderna disimpan di freezer, jadi lumayan terkendala nanti, seperti dicairkan dulu, baru kemudian menunggu sampai 14 orang. Kalau tidak 14 orang sayang di sisi vaksinnya, karena 1 vial bisa 14 orang,” katanya.

Secara persentase, lanjut Iman, capaian vaksinasi dosis ketiga bagi nakes baru mencapai 10-an persen. Dari informasi di lapangan, tak ada nakes yang mengalami efek samping berat akibat vaksin dosis ketiga tersebut.

“Pasca disuntik, efek gejalanya itu lebih ke tidak nyaman di bekas suntikan, kalau disuntik sebelah kiri berarti tangan kiri yang tidak nyaman, lebih terasa pegal. Terus agak merasa kurang nyaman di badan,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: