UIN Ar-Raniry juara III lomba Media Pembelajaran Matematika Tingkat Nasional

POPULARITAS.COM – Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika (PMA), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh berhasil meraih juara tiga pada Lomba Media Pembelajaran Matematika Tingkat Nasional Tahun 2022.

Perlombaan dalam rangka Aritmatika Jilid X, yang diselenggarakan secara online melalui Zoom oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMMADIKA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sebelas Maret (UNS) ini mengusung tema “Ciptakan Generasi Emas melalui Guru yang Berkualitas” dan diikuti oleh berbagai universitas yang ada di Indonesia, Sabtu (17/9/2022).

Ada dua cabang perlombaan yang diselenggarakan oleh panitia yaitu, Lomba Media Pembelajaran Matematika dan Lomba Micro Teaching Matematika.

Saat babak penyisihan yang diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi se-Indonesia itu, Prodi Pendidikan Matematika FTK UIN Ar-Raniry mengirimkan dua grup untuk cabang Lomba Media Pembelajaran Matematika, dan satu grup untuk cabang lomba Lomba Micro Teaching Matematika. Alhamdulillah ketiga grupnya masuk ke babak final (10 besar).

Dari 10 tim yang lolos ke babak final, UIN Ar-Raniry berhasil memperoleh juara tiga dengan perolehan skor 81,776. Selain itu, juara dua diraih oleh Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan skor 84,072 dan juara satu diraih oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan skor 84,72.

Rifa Ulkhairi, ketua tim perwakilan UIN Ar-Raniry, mengungkapkan rasa syukurnya karena berhasil memperoleh juara dan membawa harum nama Prodi Pendidikan Matematika FTK UIN Ar-Raniry.

“Alhamdulillah, ternyata kata-kata “usaha tidak pernah mengkhianati hasil benar adanya,” ungkapnya.

Rifa mengaku, bahwa ia dan timnya telah mempersiapkan diri untuk mengikuti perlombaan ini dari jauh-jauh hari, baik dari segi mental, fisik, maupun fasilitas untuk mendukung cabang yang akan diperlombakan.

Ia juga merasa sangat terbantu oleh dukungan yang diberikan oleh pihak Dekanat, Ketua Prodi, dosen pembimbing, asisten lab dan keluarga besar Prodi PMA.

“Untuk persiapannya sudah sangat maksimal baik dari segi mental dan fisik dari anggota tim maupun media yang akan diperlombakan. Dalam persiapan kami sangat terbantu karena ada dukungan baik dari segi mental, material dan lain-lain,” ungkapnya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa tidak ada kendala yang mereka temui saat mengikuti perlombaan, dikarenakan sudah ada asisten lab yang sigap menangani dan membantu keperluan mereka selama presentasi di depan layar.

“Untuk kendalanya menurut saya tidak ada sama sekali karena untuk fasilitasnya sudah disediakan oleh Prodi Pendidikan Matematika yang ditangani langsung setiap saat dibutuhkan oleh asisten lab PMA. Biasanya kalau lombanya online kendala yang paling sering terjadi adalah lambatnya jaringan, namun saya dan anggota tim tidak merasakan kendala tersebut karena untuk masalah jaringan sudah diatasi oleh tim asisten lab PMA,” katanya.

Saat ini Prodi Pendidikan Matematika telah tersedia lab multimedia yang dilengkapi jaringan internet yang sangat memadai, fasilitas kamera untuk rekaman beberapa unit, proyektor, layar screen yang sangat lebar, TV dan komputer untuk proses editing dan penyimpanan datanya.

Ia juga berpesan, kepada tim yang belum menang agar tidak patah semangat, karena menurutnya kekalahan itu merupakan kemenangan yang tertunda.

“Pesan saya untuk tim yang belum menang, percayalah kekalahan itu merupakan kemenangan yang tertunda. Kalian lebih baik daripada mereka yang belum pernah mencoba,” tuturnya.

Selain itu, Ketua Prodi Pendidikan Matematika, Dr. M. Duskri, M.Kes selaku Ketua Prodi yang sekaligus sebagai dosen pembimbing, Khairina, M.Pd selaku dosen pembimbing, dan Susanti, M.Pd selaku dosen pengarah lapangan saat perlombaan sangat bersyukur dan bangga atas pencapaian yang diperoleh mahasiswanya. Mereka turut mengapresiasi kerja keras seluruh mahasiswa yang telah mengikuti perlombaan tersebut.

“Alhamdulillah, Allah telah memberikan salah satu juara untuk tim kita. Bapak bangga atas usaha keras anak-anak kami yang luar biasa, baik yang mendapat juara maupun yang belum. Teruslah berkarya,” katanya.

Ia berharap, mahasiswa Prodi PMA dapat lebih antusias dalam mengikuti perlombaan dan event-event lainnya, baik di tingkat nasional bahkan internasional.

Dekan FTK UIN Ar-Raniry, Dr. Safrul Muluk, M.A sangat mengapresiasi kegiatan perlombaan tersebut. Ia berharap ke depannya banyak mahasiswa dari berbagai prodi lain juga dapat mengikuti perlombaan-perlombaan baik ajang nasional maupun internasional.

Safrul Muluk mempersilakan agar para mahasiswa persiapkan diri dengan baik dari awal, latih dan asah keterampilan baik secara individual maupun tim. Pihak dekanan siap menfasilitasi kegiatan-kegatan dimaksud.

“Sekali lagi, kami mengucapkan selamat kepada tim mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika baik kepada tim yang telah meraih juara maupun kepada tim yang telah memasuki babak final.”

“Kalian adalah salah satu putra-putra terbaik FTK yang mampu mengharumkan nama baik FTK UIN Ar-Raniry di kancah nasional,” demikian Safrul Muluk.

Comments
Loading...