News

Tu Sop prihatin kondisi pelaksanaan syariat Islam di Aceh

Tu Sop prihatin kondisi pelaksanaan syariat Islam di Aceh
Tgk. H. Muhammad Yusuf A Wahab (Tu Sop). FOTO: Youtube

POPULARITAS.COM – Pimpinan Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunieb, Kabupaten Bireuen, Tgk Muhammad Yusuf A Wahab alias Tu Sop mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi pelaksanaan syariat Islam di Aceh saat ini yang menurutnya belum berjalan maksimal.

Menurut Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) itu, pelaksanaan syariat Islam di daerah ujung barat Sumatra ini hanya berfokus pada tindakan dan hukuman, tetapi tidak pada pembinaan.

Selain itu, syariat juga belum dilaksanakan secara menyeluruh di semua aspek kehidupan. Karena itu, penting bagi pemerintah melalui dinas-dinas teknis terkait untuk bekerja dengan mengacu kepada konsep-konsep syariah.

Satu hal yang membuat Tu Sop kesal, Aceh saat ini justru mempomosikan syariat secara buruk. Karena cara dan strategi yang diterapkan selama ini keliru, sehingga akhirnya menjadi boomerang bagi syariat.

Kesan yang muncul kemudian, kata Tu Sop, karena menerapkan syariat Islam, ekonomi Aceh menjadi menurun, kehidupan sosial bermasalah, dan kriminal meningkat. Padahal sebenarnya fungsi-fungsi syariat itu yang tidak dijalankan.

“Akhirnya kita sendiri yang menjatuhkan syariat. Sudah kita deklarasikan, tetapi tidak kita fungsikan, sehingga citra syariat menjadi rusak,” kata Tu Sop dalam keterangannya, Rabu (3/8/2022).

“Kenapa? Mungkin karena tidak cukup tangan-tangan kreatif yang mampu memfungsikan syariat. Terobosan ini yang perlu kita lakukan,” imbuh Tu Sop.

Di samping itu, pelibatan ulama dalam penyusunan regulasi-regulasi yang terkait syariah juga sangat kurang.

Seperti dalam Qanun Lembaga Keuangan Syariah, ulama tidak dilibatkan dalam menyusun kajian akademik karena mungkin dianggap tidak pintar. Ulama hanya diundang di akhir, untuk legitimasi.

“Padahal otoritas syariah itu ada di ulama,” ucap Tu Sop.

Shares: