Tim Kementan RI turun ke Gayo Teliti Isu Kandungan Kimia Pada Kopi

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh A Hanan mengatakan, isu adanya kandungan zat kimia dalam produk kopi Gayo akan segera diatasi pihaknya.

Secara khusus, dirinya telah melaporkan perihal informasi mengenai kopi arabika Gayo terindikasi mengandung zat kimia, jenis glyphosate, kepada Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Hal ini berdampak, sejumlah eksportir kopi dari koperasi Ketiara, produknya ditolak di Uni Eropa.

Terkait dengan berita dan informasi tersebut, Plt Gubernur Aceh, kata Hanan, telah memerintahkan dirinya untuk segera mengatasi dan mencari solusi atas isu tersebut.

Karena itu, dirinya secara langsung telah melaporkan hal tersebut kepada pihak Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjenbun) Kementrian Pertanian RI.

Dan saat ini, terang A Hanan, pihak Kementan RI, telah menugaskan Kepala Balai Proteksi Tanaman di Medan, untuk segera turun kelapangan, guna melakukan pendalaman dan penelitian terkait dengan isu tersebut.

“Saat ini, tim proteksi tanaman dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, telah bergabung dengan pihak Balai Proteksi Tanaman di Aceh Tengah,” terangnya di Banda Aceh, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Selain itu juga, kata A Hanan, dirinya telah melaporkan isu ini kepada atase pertanian RI di Brussel agar dapat segera diatasi.

“Secara langsung saya telah menghubungi Bu Wahida, atase pertanian RI di Brussel, Eropa, terkait dengan isu ini,” tukasnya.* (SKY)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat