News

Tiga warga Sumut meninggal tenggelam di Lampuuk Aceh Besar

Tiga warga Sumatera Utara (Sumut) dilaporkan meninggal dunia usai tenggelam di Pantai Lampuuk, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Rabu (18/5/2022).
Ambulans PMI Banda Aceh mengevakuasi korban tenggelam di Lampuuk, Aceh Besar, Rabu (18/5/2022). (Ist)

POPULARITAS.COM – Tiga warga Sumatera Utara (Sumut) dilaporkan meninggal dunia usai tenggelam di Pantai Lampuuk, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Rabu (18/5/2022).

Humas Basarnas Banda Aceh, Taqin, membenarkan informasi tersebut. Namun, ia tak bisa merincikan identitas para korban.

“Kami tidak dapat laporan (identitas korban). Tadi pas mau gerak semua korban sudah ketemu,” kata Taqin saat dikonfirmasi, Rabu (18/5/2022) malam.

Hal sama disampaikan Ketua PMI Banda Aceh, Dedi Sumardi. Ia menyebut bahwa ambulans milik instansi tersebut ikut mengevakuasi jasad para korban tenggelam itu.

“Iya benar ambulans PMI Banda Aceh menjemput para korban meninggal yang tenggelam di Lampuuk tadi,” ujar Dedi saat dihubungi, Rabu (18/5/2022) malam.

Berdasarkan informasi diterima popularitas.com, tiga korban meninggal dunia yaitu DAK (14), warga Binjai, Sumut; Ib (18), warga Langkat, Sumut; AFS (15), warga Langkat, Sumut.

Peristiwa itu disebut terjadi pada pukul 15.30 WIB. Kejadian bermula saat rombongan study tour dari salah satu yayasan di Sumut melaksanakan wisata ke Pantai Lampuuk, Aceh Besar.

Pada pukul 15.00 WIB, rombongan berjumlah sekitar 130 orang terdiri dari guru pendamping, siswa dan orangtua siswa, sebanyak 3 bus tiba di Pantai Lampuuk.

Sesampainya di pantai, rombongan diingatkan oleh pengelola pantai tentang batasan yang boleh dan tidak boleh untuk berenang.

Sebagian rombongan mandi laut dan sebagian bermain ombak. Beberapa saat kemudian, salah seorang anak, FR terseret arus, sehingga rekan lainnya berusaha menolong.

Ternyata 3 orang yang ikut menolong ikut terseret arus. Sesaat kemudian, 1 unit boat melaksanakan pertolongan dan membantu evakuasi korban.

Keempat korban dinaikkan ke boat dan dibawa ke darat. Kemudian semuanya dievakuasi ke Puskesmas Lhoknga.

Setelah dilaksanakan pertolongan oleh petugas medis, 3 orang dinyatakan meninggal dunia dan 1 orang kritis berinisial FR (16) langsung dirujuk ke RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh.

Pihak puskesmas lalu melaksanakan kordinasi dengan PMI Banda Aceh dan Aceh Besar untuk pengantaran jenazah. Pukul 19.45 WIB, jenazah diberangkatkan ke kampung halaman korban.

Shares: