News

Tes Virus Corona Gratis

Virus corona. TPX IMAGES OF THE DAY (via REUTERS/NEXU Science Communication)

JAKARTA (popularitas.com) – Juru Bicara Penanganan Virus Corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, membantah kabar yang menyebutkan ada biaya untuk melakukan tes virus corona.

“Tes virus corona hanya dilaksanakan di laboratorium yang berada di Balitbangkes dan Balitbangkes tidak memungut serupiah pun dari pemeriksaan ini,” kata Yuri di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2020) dikutip dari idntimes.com.

Yuri mengatakan dirinya memang sering mendengar tes virus corona berbayar. Namun, menurutnya, masyarakat yang menyebarkan isu tersebut belum pernah melakukan pemeriksaan.

Yuri juga mengatakan tes virus corona bukan atas permintaan pasien, melainkan harus dari rujukan dari dokter di rumah sakit. Dan tidak dipungut biaya sepeser pun.

“Saya tegaskan lagi, tidak ada pungutan serupiah pun dari pemeriksaan COVID-19 dan atas dasar permintaan dokter bukan permintaan orang per orang, seperti kalau kita tes golongan darah misalnya atau tes kehamilan,” katanya.

Sebelumnya Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk mengatasi virus corona atau COVID-19. Menyoal anggaran tersebut, pemerintah masih belum menjabarkan berapa biaya yang akan digelontorkan.

Sementara Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk penanganan virus corona. Namun, ia menegaskan bahwa tidak ada nominal khusus untuk anggaran tersebut.

“Nominal ya susah malah nanti ada batasnya, gak ada nominal,” ujarnya dalam konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020).[acl]

Shares: