Tanggul Sungai Krueng Pase Jebol dan Rusak Rumah Warga

POPULARITAS.COM – Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Aceh Utara mengakibatkan tanggul sungai Krueng Pase, jebol. Sehingga rumah warga di Desa Tanjung Awe, Kecamatan Samudera Pase rusak diterjang air sungai.

Saat ini debit sungai itu masih mengalir ke pemukiman warga dan renda ke badan jalan Medan – Banda Aceh. Berdasarkan informasi air luapan itu sudah menggenangi rumah warga sejak Jumat pagi (1/10/2021) sekitar pukul 06.00 Wib.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Murzani mengatakan, saat ini tim BPBD sedang memantau perkembangan dilokasi. Pihaknya belum dapat memastikan berapa rumah warga yang rusak karena masih dalam pendataan.

“Kita siaga di lokasi banjir ini, debit air sungai masih mengalir deras, jadi kita belum bisa masuk ke titik jebol tanggul itu karena air masih sangat tinggi. Untuk korban jiwa tidak ada,” kata Murzani.

Selain itu, di jalan lintas Jalan Medan – Banda Aceh sempat terjadi kemacetan karena badan jalan ditutupi bajir dengan ketinggian air mencapai 50 centimeter.

“Saat ini masih dalam pendataan, air di badan jalan tingginya 50 centi meter, namun di permukiman warga sedikit lebih rendah jadi ketinggian mencapai sepinggang orang dewasa,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Samudera Iptu Syarifuddin menyebutkan, saat ini air di badan jalan nasional sudah mulai surut, dan jalan lintas mulai membaik.

“Sudah mulai surut, tapi meski begitu anggota masih di lokasi untuk mengamankan lokasi, untuk data lanjutan masih dalam pendataan,” katanya.

Editor: dani

Comments
Loading...