News

Sukses lolos Piala Asia 2023, pelatih sebut timnas bakal lebih kuat

Setelah sukses lolos ke Piala Asia 2023, Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong tambah yakin skuadnya akan lebih kuat lagi dibandingkan dengan saat menjalani kualifikasi.
Shin optimis Indonesia lolos Grup A Piala Asia
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

POPULARITAS.COM – Setelah sukses lolos ke Piala Asia 2023, Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong tambah yakin skuadnya akan lebih kuat lagi dibandingkan dengan saat menjalani kualifikasi.

“Kami akan membangun tim yang lebih kuat dan menunjukkannya di Piala Asia,” ujar Shin dalam keterangan PSSI di Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Pelatih asal Korea Selatan itu berjanji membangun tim dengan performa wahid selepas menjalani kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait pada 8-14 Juni.

Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia AFC 2023 setelah membantai Nepal 7-0 pada laga penutup Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Rabu dini hari WIB.

Ketujuh gol skuad Garuda dibuat oleh Muhammad Dimas Drajad, Witan Sulaeman (dua gol), Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott dan Marselino Ferdinan.

Baca juga: Hancurkan Nepal tujuh gol tanpa balas, Indonesia lolos ke Piala Asia 2023

Indonesia mengunci slot Piala Asia 2023 setelah menjadi salah satu dari lima peringkat kedua terbaik dari enam grup putaran ketiga kualifikasi.

Ini penampilan Indonesia yang keenam dalam Piala Asia setelah 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Pada Piala Asia 2023, Indonesia kemungkinan besar dapat diperkuat para pemain naturalisasi seperti Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Jordi dan Sandy sebenarnya direncanakan bermain dalam Kualifikasi Piala Asia 2023, tetapi tak terjadi lantaran pewarganegaraan mereka belum tuntas.

Akan tetapi, niat Shin dalam membangun timnas senior yang lebih kuat bisa saja tidak terwujud karena PSSI berencana memfokuskan dirinya hanya menangani timnas U-20 untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut pihaknya melihat Shin kesulitan membesut timnas senior, U-23 dan U-19, sekaligus. (ANT)

Shares: