Segarnya Air Terjun Suhom Krueng Kala di Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Perjalanan yang ditempuh tidak kurang satu jam, langsung terobati saat kita menceburkan diri ke kolam pemandian Air Terjun Suhom. Airnya begitu segar, dingin, dan membuat badan terasa segar walau sinar mentari memancar cerah.

Terdapat dua kepala air yang besar yang jatuh pada melalui dinding bebatuan membentuk curahan air yang menimbulkan gemercik menambah pemandangan begitu mempersona. Air Terjun Suhom sendiri terletak di Gampong Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar.

Segarnya Air Terjun Suhom Krueng Kala di Aceh Besar

Untuk mencapai kawasan ini, dibutuhkan perjalanan kurang satu jam, atau berjarak 80 kilometer dari pusat kota Banda Aceh. Dengan mengunakan kenderaan roda dua atau empat, melintasi jalan nasional menuju kawasan pantai barat provinsi ujung pulau Sumatera ini, sepanjang perjalanan, suguhan pemandangan lautan lepas menjadi daya tarik tersendiri.

Melewati dua gunung, yakni pegunungan Paro dan Kulu, dengan lintasan yang menanjak dan menurun serta sedikit curam, dibutuhkan kewaspadaan tinggi. Tapi, aspal yang mulus dengan lebar lebih dari 6 meter, membuat perjalanan nyaman dan lebih mengasyikkan.

Terdapat pamplet terpasang pada sisi sebelah kiri jalan, yang menunjukkan arah Air Terjun Suhom, ketika kita telah melewati pegunungan Kulu dan rumah makan Kuah Cu, yang terkenal itu.

Memasuki areal Air Terjun Suhom, pada sisi kiri ada Masjid Gampong Krueng Kala, yang dapat kita gunakan untuk salat sebelum menuju lokasi, dan juga ada gerbang yang bertuliskan, selamat datang di Gampong Baroh Krueng Kala.

Melewati jalan perkampungan yang beraspal, lokasi menuju areal Air Terjun Suhom sendiri, masih berbatu. Dengan membayar harga karcis masuk Rp 15 ribu, dan uang parkir Rp 3 ribu. Selanjutnya kita dengan bebas bisa menikmati keindahan kawasan ini, dan suasana segar, hijau dan asri, dipastikan siapapun tidak ingin melewatkan untuk segera menceburkan tubuh ke dalam air.

Segarnya Air Terjun Suhom Krueng Kala di Aceh Besar

Banyak batu besar dan kecil, serta lumut yang menempel pada bebatuan. kita dipaksa harus berhati-hati, sebab, sangat licin, dan sedikit beresiko terbentur, dan cidera. Namun, hal itu tidak menyurutkan langkah warga untuk berkunjung ke Air Terjun Suhom.

Razali, salah seorang pedagang di areal tersebut, mengungkapkan, jika pada musim libur, kawasan ini sangat ramai dikunjungi masyarakat. Umumnya yang datang dari berbagai daerah, baik dari Banda Aceh, maupun warga dari Aceh Jaya.

Rudi, seorang pengunjung lainnya mengatakan, keindahan pesona Air Terjun Suhom, belum didukung oleh fasilitas yang memadai, seperti ketersediaan sarana MCK, Musholla, serta ruang ganti.

Dirinya mengharapkan, pihak-pihak terkait, dapat membenahi kawasan ini menjadi lebih baik, dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, katanya.

Namun begitu, untuk soal ketersediaan makanan, pengunjung tidak perlu khawatir. Selain dapat membeli di kawasan ini pada warung-warung yang dikelola masyarakat sekitar, masyarakat juga dapat membawa bekal sendiri.

Untuk harga makanan juga tidak mencekik kantong. Namun, minimnya fasilitas kebersihan, dan rendahnya kesadaran pengujung membuang sampah sembarangan, kawasan ini sering terlihat banyak sampah berserakan.

Dengan segala kekurangan fasilitas dan prasarana, pesona Air Terjun Suhom, layak untuk dijadikan alternatif berwisata. Dipastikan, tidak menyesal jika sudah tiba di kawasan ini.

Penulis: Saky

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.