News

Satu jemaah haji kloter 2 dirujuk ke RSUDZA

Satu jemaah haji kloter 2 dirujuk ke RSUDZA
Ilustrasi, jemaah haji kloter pertama saat tiba di Bandara SIM Aceh Besar, Selasa (26/7/2022). Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Jemaah haji Aceh kelompok terbang (kloter) 02-BTJ yang berasal dari Kabupaten Bireuen, Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara dan Kota Banda Aceh telah mendarat di bandara Sultan Iskandar Muda, Rabu (27/7/2022) jam 19.30 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Kepala Bidang Kesehatan PPIH Debarkasi Aceh, Yusri mengatakan ada seorang jemaah kloter 2 yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainal Abidin (RSUDZA) atas nama Rismawati Saudan Abdullah (51) dari Aceh Tenggara karena hipertensi dan diabetes melitus.

“Ya, satu orang kita rujuk ke RSUZA untuk perawatan lebih lanjut,” ujar Yusri dalam keterangannya, Kamis (28/7/2022).

“Sementara jemaah kloter 1 yang dirujuk ke RSUZA sudah boleh pulang, sudah dijemput keluarganya. Diagnosa sudah aman,” katanya melanjutkan.

Sebelumnya, Koordinator Humas dan Penerangan PPIH Aceh, Tajri bin Yakub mengatakan bahwa jemaah kloter 2 berangkat dari bandara King Abdul Aziz jam 07.31 Waktu Arab Saudi (WAS), kemarin.

“Alhamdulillah, 391 jemaah kloter 2 telah tiba di bandara SIM jam 19.30 WIB,” kata Tajri dalam keterangannya, Rabu (27/7/2022) malam.

Tajri juga mengatakan, berdasarkan laporan dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) kloter 02-BTJ, Wahdi MS, ada 10 jemaah yang menggunakan kursi roda dan 5 jemaah lainnya dalam pantauan khusus TKHI (Tenaga Kesehatan Haji Indonesia) kloter 2.

Dari bandara, jemaah diberangkatkan ke Asrama Haji Aceh untuk pemeriksaan kesehatan, mengikuti upacara pelepasan, pengembalian paspor, pengambilan koper dan air zamzam, lalu kembali ke keluarga masing-masing.

Tajri juga mengatakan, jemaah kloter 2 yang berangkat ke Arab Saudi sebanyak 390 orang, tetapi yang kembali 391 jemaah.

“Satu orang tanazul (mutasi masuk) dari kloter 3, Sinem Malim Jamil,” kata Tajri.

Sinem Malem Jamil (64 tahun) adalah jemaah dari Kabupaten Gayo Lues. Ia seharusnya berangkat ke Arab Saudi bersama kloter 2, tapi ditunda karena sakit, lalu diberangkatkan bersama kloter 3.

“Sesampainya di Madinah, Sinem kembali bergabung bersama jemaah kloter 2,” ujar Tajri.

Jadi, kata Tajri, ada 391 jemaah kloter 2 yang kembali dari Arab Saudi, terdiri dari 136 jemaah laki-laki dan 255 jemaah perempuan.

Masing-masing dari Kabupaten Bireuen sebanyak 117 jemaah, dari Kota Banda Aceh 70 jemaah, Kabupaten Aceh Tengah 58 jemaah, Aceh Tenggara 57 jemaah, Bener Meriah 55 jemaah dan 29 jemaah dari Gayo Lues. Mereka juga didamping empat petugas kloter dan seorang Pemandu Haji Daerah.

Tajri juga mengatakan bahwa sudah 782 jemaah haji yang tiba di Aceh, masing-masing 391 jemaah kloter 1 dan 391 jemaah kloter 2.

“Masih ada 1.236 jemaah kita di Arab Saudi. Insya Allah, Kamis (28/7) malam akan tiba jemaah dari kloter 3,” kata Tajri.

Shares: