Sakit Parah, ABK Asal Filipina Dievakuasi dari Perairan Krueng Geukuh

POPULARITAS.COM – Basarnas Banda Aceh melakukan evakuasi satu anak buah kapal (ABK) asal Philipina di perairan Krueng Geukuh, Kabupaten Aceh Utara pada Selasa (18/5/2021).

ABK bernama Salinas Xavier Cana (32) itu dievakuasi karena mengalami sakit parah dalam perjalanan dari Inggris tujuan Singapura menggunakan kapal MV Morning Cornelia.

“ABK tersebut mengalami sakit parah di bagian perut bawah saat perjalanan mengggunakan kapal kargo rute Inggris-Singapura,” kata Kepala Kantor SAR Banda Aceh, Budiono kepada wartawan, Selasa (18/5/2021).

Ia menjelaskan, adanya ABK asing yang sakit awalnya diketahui oleh Basarnas Banda Aceh pada Rabu (18/5/2021) pukul 03.00 WIB melalui pesan email yang dikirim oleh Capt Kapal MV Morning Cornelia.

“Pukul 07.35 WIB tim Basarnas Banda Aceh melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk merencanakan medevac, selanjutnya pada 07.50 WIB Basarnas Banda Aceh berkomunikasi dengan kapal tersebut untuk merencanakan evakuasi pada pukul 13.00 WIB,” katanya.

Setelah mengetahui posisi kapal, kata Budiono, pada pukul 12.48 WIB tim Rescue Unit Siaga SAR Bireuen beserta unsur terkait lainnya bergerak menuju lokasi Medivac dari Pelabuhan Krueng Geukuh lhokseumawe dengan menggunakan tug boat.

Kemudian, pukul 13.30 WIB tim SAR gabungan tiba dan sandar di lambung kiri MV Morning Cornelia. Petugas selanjutnya melamukan evakuasi ABK tersebut.

“Pukul 14.30 WIB kapal evakuasi tiba dan sandar di pelabuhan Krueng Geukuh, selanjutnya korban diturunkan dan dibawa menuju Klinik Bunga Melati Kota Lhokseumawe dan Rumah Sakit Cut Mutia Kota Lhokseumawe,” pungkasnya.

Editor: dani

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.