News

Remaja Masjid Oman Kembali Gelar Daurah Alquran Ramadhan

Remaja Masjid Oman Kembali Gelar Daurah Alquran Ramadhan. (ist)

POPULARITAS.COM – Remaja Masjid Oman Al Makmur, Lampriek, Banda Aceh kembali menggelar Daurah Al-Qur’an pada Ramadhan 1442 H, setelah sempat batal dilaksanakan saat Ramadhan tahun lalu karena wabah Covid-19.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 20 hari ini dibuka oleh Ketua Umum Dewan Pengurus BKM Al-Makmur, Dr. Tgk. H. M. Jamil Ibrahim, pada Kamis (15/4/2021) di Masjid Oman Al Makmur, Banda Aceh.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini harus lebih ditingkatkan di masa mendatang, termasuk memberikan hadiah kepada yang berprestasi baik dari segi keteladanan (akhlak) maupun prestasi.

“Pengurus masjid nanti akan memberikan hadiah spesial bagi peserta teladan putra maupun putri,” kata Jamil dalam keterangannya, Kamis (15/4/2021).

Ia menyebutkan, pada tahun yang akan datang kegiatan seperti ini akan dibuat lebih meriah. Dan bila memungkinkan, juga disediakan baju seragam sehingga menambah semangat dan kesan positif dari para peserta.

Jamil juga memberikan nasihat tentang karakter pemuda yang bertaqwa adalah mereka yang meninggalkan seluruh kemewahan dunia demi mengejar kebahagiaan di akhirat, dan para penghafal Alquran ini diharapkan mampu mengambil hikmah dan pelajaran dari Alquran yang mereka hafalkan untuk diterapkan dalam kehidupan.

“Sebagaimana sudah lazim diketahui bahwa membaca Alquran pada bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala yang lebih banyak, apalagi bila ditambah dengan mempelajari dan menghafalkannya,” katanya.

Di akhir sambutan, Jamil mengingatkan kepada panitia, peserta dan semua yang terlibat agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung sesuai pedoman dari pemerintah terutama dalam pemakaian masker.

Daurah Alquran Ramadhan 1442 H ini akan berlangsung selama 20 hari, dari 16 April hingga 5 Mei 2021, dan diikuti oleh 290 peserta dengan dibimbing oleh 18 muhafidz (putra) dan 19 muhafidzah (putri), yang akan menyimak hafalan mereka setiap harinya.

Ketua panitia sekaligus Ketua Umum AMMAR, Ustadz Mardani, SH dalam laporannya mengatakan, program daurah Alquran yang menitikberatkan pada hafalan Alquraan ini akan berlangsung dari pukul 07.00 WIB hingga menjelang waktu zuhur.

Kata Mardani, kegiatan ini tidak hanya fokus pada menghafal Alquran saja, melainkan juga nanti akan diisi dengan materi tahsin selama 15 hari, 4 hari materi motivasi menghafal Alquran, dan di hari terakhir akan ditutup dengan lomba tahfizh surah Albaqarah bagi para peserta.

Mardani juga menambahkan, sebagai tambahan motivasi bagi peserta dan muhafizh muhafizah, panitia juga akan memberikan hadiah spesial bagi peserta dan muhafizh teladan putra dan putri.

“Karena kita berkomitmen menjadikan kegiatan Daurah Al Qur’an di Masjid Oman ini senyaman dan sebahagia mungkin, sehingga peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa menghidupkan bulan suci Ramadhan dengan fokus menghafal Al Qur’an dan setelah selesai mengikuti kegiatan ini memiliki kesan baik yang sulit untuk dilupakan,” ucapnya.

Di akhir laporannya, Mardani mengucapkan terima kasih kepada Ketua BKM Masjid dan segenap pengurus atas amanah dan dukungannya sehingga terlaksananya kegiatan ini, serta apresiasi dan semangat yang tinggi kepada para panitia dan seluruh muhafizh muhafizah yang akan berjuang selama 20 hari ke depan untuk menyukseskan program ini.

“Ucapan terima kasih juga tidak lupa disampaikan kepada orang tua peserta yang telah mengamanahkan anak-anaknya kepada panitia daurah. Semoga semua berjalan dengan baik dan lancar hingga akhir kegiatan,” kata Mardani.

Editor: dani

Shares: