News

Qiyamullail Dimulai, Masjid Oman Diimami Hafidz-Hafidz Muda

POPULARITAS.COM – Masjid Oman Al Makmur Gampong Lampriet mengawali kegiatan Qiyamullail Ramadhan 1442 H pada hari Senin (3/5/2021), yang dihadiri oleh ribuan jamaah dari berbagai penjuru Kota Banda Aceh dan sekitarnya.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 0250 WIB dinihari ini rencananya akan berlangsung selama 10 hari ke depan dengan diimami oleh hafizh-hafizh muda, putra terbaik Aceh yang sudah melanglang buana ke segala penjuru daerah, dalam dan luar negeri.

Mauliza Akbar, Koordinator Imam Mesjid Oman mengatakan, qiyamullail merupakan pelengkap dari kegiatan itikaf yang diadakan oleh pengurus BKM di 10 hari terakhir. Kegiatan ini sempat ditiadakan pada Ramadhan tahun lalu karena kondisi pandemi Covid-19.

“Namun untuk kegiatan itikaf tahun ini masih belum dapat diadakan karena pandemi belum berakhir,” kata Mauliza dalam keterangannya, Senin (3/5/2021).

Kata Mauliza, dalam kegiatan qiyamullail ini tahun-tahun sebelumnya pengurus BKM mengundang syeikh dari Timur Tengah guna menambah ghirah (semangat) dan kekhusyuan para jamaah dalam melaksanakan shalat malam di masjid ini.

Akan tetapi, lanjut Maulizq, dikarenakan pandemi, hal tersebut belum juga dapat dilaksanakan kembali. Maka sebagai penggantinya, pengurus BKM mengundang putra-putra terbaik Aceh yang sudah dikenal secara nasional maupun mancanegara, termasuk di platform digital yang ada saat ini.

“Jamaah mengikuti shalat malam diimami Ustaz Mufid Al Izza yang sebelumnya menjadi juri di Hafiz Cilik Indonesia pada tahun 2017,” sebut Mauliza.

“Di antara nama-nama yang suaranya tidak asing lagi di telinga kita adalah Ustadz Muzammil Hasballah yang sudah sangat dikenal oleh kalangan anak muda sejak viral dengan video-video tilawahnya sejak tahun 2016,” tambah dia.

Mauliza menjelaskan, Muzammil akan mengimami shalat malam di masjid Oman pada 26 Ramadhan atau 8 Mei. Selain Muzammil, ada juga nama Mufid Al Izza, peserta terbaik 2 MTQ tingkat nasional tahun 2020 cabang Hafizh Qur’an 20 juz mewakili tuan rumah Padang.

“Selain itu ada juga sederetan nama lainnya yang akan menjadi imam qiyamullail di masjid Oman di antaranya Ustadz Mauliza Akbar, Ustadz Hidayatullah, Ustadz Dhiyaurrahman, Ustadz Ivan Aulia dan Ustadz Julian Firdaus yang juga telah dikenal di kalangan jamaah dan masyarakat Aceh,” ujarnya.

Editor: dani

Shares: