PON Papua Sepakbola: Akhirul Wadhan Bawa Aceh Bekuk Sumut

POPULARITAS.COM – Pesepakbola asal Aceh Timur, Akhirul Wadhan mencetak dua gol ke gawang Sumatera Utara (Sumut) dalam lanjutan babak enam besar cabang olahraga sepakbola PON XX Papua.

Bermain di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Jumat (8/10/2021) sore WIT, dua gol Akhirul Wadhan memastikan Aceh meraih tiga poin.

Dengan demikian, Aceh memiliki peluang besar lolos ke babak semi final.

Namun, kepastian lolos harus menunggu hasil antara tuan rumah Papua menghadapi Sumut pada Minggu (10/10/2021). Apabila laga itu dimenangkan Papua, maka Aceh dan Papua lolos ke babak semi final. Sedangkan Sumut dipastikan tersingkir.

Aceh tak akan lolos jika Sumut menang 3-2 atas Papua. Hitungan agregat gol akan meloloskan Papua dan Sumut ke babak semifinal. Sementara Aceh akan tersingkir, sama nasibnya seperti Sulawesi Utara di penyisihan grub C beberapa waktu lalu.

Laga antara Sumut dan Aceh berlangsung dalam tempo cepat. Kedua tim saling melakukan serangan demi serangan ke pertahanan lawan. Sejumlah peluang didapatkan, namun tak berhasil dikonversi menjadi gol.

Hingga babak pertama, kedua tim bermain imbang 0-0. Memasuki babak kedua, Aceh yang mengandalkan Akhirul Wahdan di barisan depan tampak beberapa kali mengancam gawang Sumut.

Empat menit usia babak kedua, Aceh memimpin 1-0 lewat gol Akhirul Wahdan. Mantan striker Aceh United ini mencetak gol dari luar kotak penalti. Unggul 1-0 tak membuat Aceh berpuas diri, mereka terus melakukan serangan.

Akhirul Wahdan kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit 75, setelah mencetak gol spektakuler dari luar kotak penalti.

Skor 2-0 untuk kemenangan Aceh bertahan hingga waktu normal usai.

Namun, petaka dialami Aceh pada menit ke-4 tambahan waktu, di mana wasit memberi hadiah penalti kepada Sumut. Penalti diberikan karena pemain Aceh, M. Rizky Nasution melanggar pemain Sumut di kotak terlarang.

Pemain Sumut, Rian Ramadan yang maju sebagai eksekutor mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik. Skor 2-1 untuk kemenangan Aceh bertahan hingga laga usai.

Editor: dani

Comments
Loading...