HeadlineNews

Polda Aceh Tangkap 32 Preman dari 15 Lokasi

Polda Aceh Tangkap 32 Preman dari 15 Lokasi. (ist)

POPULARITAS.COM – Personel Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Aceh dan Polres jajaran menangkap 32 terduga premanisme di wilayah ujung barat Sumatera itu. Mereka ditangkap di 15 lokasi berbeda.

Direktur Reskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Ade Harianto mengatakan, penangkapan itu untuk mengantisipasi kegiatan-kegiatan berbentuk premanisme di beberapa tempat yang diduga marak terjadi praktik premanisme, seperti pasar, tempat keramaian, tempat bongkar muat, tempat wisata, terminal, dan pelabuhan.

“Penangkapan premanisme ini dalam rangka menindaklanjuti arahan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo,” kata Ade Harianto dalam keterangannya, Rabu (16/6/2021).

Baca: Sopir Truk Aceh Kerap Dipungli dan Dilempar Batu di Perbatasan Sumut

Ade menyampaikan, 32 preman itu ditangkap di beberapa titik, dengan rincian; Banda Aceh 8 lokasi, Lhokseumawe 2, Aceh Tamiang 2, Aceh Barat 1, dan Subulussalam 2 lokasi kejadian.

“Sudah 15 titik yang kita tindak dan berhasil mengamankan 32 terduga pelaku,” sebut Ade.

Dia menambahkan, dalam penangkapan itu, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 1 unit kendaraan roda empat, 1 unit kendaraan roda dua, 4 unit Hp, 2 rekaman video di TKP, 1 senjata tajam, 195 kwitansi, dan uang dengan jumlah Rp6.142.500.

“Terduga pelaku sedang dilakukan pemeriksaan, tapi ada juga yang dibina dan diselesaikan secara Restoratif Justice, tergantung sejauh mana keterlibatannya,” tambahnya.

Selain itu, Ade juga mengatakan, Polda Aceh dan jajarannya berkomitmen akan menindak tegas semua praktik premanisme sesuai arahan Kapolri.

Ia juga berharap kerjasama semua pihak untuk melaporkan jika melihat, mengalami, atau bahkan menjadi korban premanisme.

“Nanti akan kita cari solusi akar masalah premanisme. kenapa bisa terjadi? Kemudian kita lakukan penanggulangan masalahnya dari hulu sampai ke hilirnya. Yang penting laporkan kepada kami, karena tidak ada ruang untuk premanisme, negara tidak boleh kalah sama preman,” tegasnya.

Editor: dani

Shares: