News

PN Pidie Jaya Vonis Calo CPNS Dua Tahun Penjara

MEUREUDU (popularitas.com) – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Pidie Jaya telah menjatuhkan vonis terhadap Maimun Musa, terdakwa kasus penipuan bermodus meloloskan korban sebagai PNS di lingkungan Pemerintah Aceh, dengan pidana penjara dua tahun.

Vonis tersebut dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim PN  Pidie Jaya, M Jamil dalam sidang yang berlangsung, Rabu, 21 Agustus 2019.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pidie Jaya, Mukhzan melalui Kasi Pidum Aulia kepada popularitas.com mengatakan, dalam fakta yang diperoleh dalam persidangan, majelis hakim sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terdakwa secara sah dan menyakinkan telah melakukan tindak pidana penipuan.

“Dia divonis dua tahun penjara. Dia terbukti melakukan tindak pidana penipuan,” kata Aulia.

Aulia mengatakan, dasarnya sidang lanjutan hari ini dengan agendanya jawaban JPU atas nota pembelaan (pledoi) terdakwa dalam sidang yang dilaksanakan Selasa, 20 Agustus 2019 kemarin. Namun disebabkan kasus tersebut sudah berjalan sangat lama yaitu lebih dari empat bulan, sehingga majelis hakim mengambil keputusan memutuskan vonis.

Kata dia, walau vonis majelis hakim tersebut diketahui lebih ringan dari tuntutan JPU yaitu tiga tahun, tetapi pihaknya jelas Aulia menyatakan pikir-pikir dulu, apakah menerima atau banding terhadap putusan tersebut.

“Terdakwa menyatakan pikir-pikir, kita juga pikir-pikir dulu,” ujarnya.

Walau sudah ada vonis pidana penjara terhadap calo CPNS tersebut, tetapi dikarenakan terdakwa masih berstatus tahanan kota, sedangkan putusan tersebut belum memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht) sehingga pihaknya masih belum bisa melakukan eksekusi dengan menjebloskan Maimun Musa kembali dalam Rutan.

“Untuk saat ini dia masih belum bisa dieksekusi, karena belum inkracht, karena ada waktu pikir-pikir tujuh hari, sesudah itu kalau inkracht langsung eksekusi,” jelasnya.*(C-005)

Shares: