News

Pidie Terima 6.137 Vaksin Sinovac, Pidie Jaya 1.874 Dosis

Pidie Terima 6.137 Vaksin Sinovac. (ist)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Aceh telah mendistribusikan vaksin Covid-19 buatan sinovac ke Kabupaten Pidie, dengan jumlah 6.137 unit.

Vaksin itu tiba pada Senin (1/2/2021), yang diterima langsung oleh Asisten II Kabupaten Pidie, Buchari, serta Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Turno Junaidi.

Direncanakan vaksin itu akan disimpan terlebih dahulu di gudang Farmasi Dinkes Kabupaten Pidie, sebelum dilakukan penyuntikan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Turno Junaidi menyebutkan, usai menerima vaksin tersebut, direncanakan vaksisnisai perdana akan dilakukan pada pertengahan Februari 2020.

Pelaksanaannya di dua lokasi yang berbeda, RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli dan RSUD Tgk Abdullah Syafii, dengan orang yang akan divaksin terlebih dahulu para tenaga kesehatan.

“Tahap pertama sebanyak 6.137 Vaksin Sinovac kita terima dan disimpan di Gudang Farmasi Dinkes. Proses penyuntikan akan dilaksanakan pada 15 Februari ini di dua lokasi di RSU Tgk Chik Ditiro dan RSU Tgk Abdullah Syiafii,” kata Turno.

Usai Vaksin tersebut tiba, gabungan TNI/Polri akan mengawal vaksin tersebut hingga proses penyuntikan pada 15 Februari 2021.

Hal itu disampaikan Kabag Ops Polres Pidie AKP Iswahyudi, usai melakukan pengawalan pendistribusian vaksin tersebut.

“Setelah vaksin tersebut tiba di Pidie dan disimpan di gedung Farmasi, Polisi bersama TNI dan satpol PP juga akan menjaga hingga dilakukan proses penyuntikan,” katanya.

Vaksin tahap pertama itu juga sudah didistribusikan ke Kabupaten Pidie Jaya, Senin (1/2/2021) dengan jumlah vaksin yang diterima berjumlah 1,874, yang diterima oleh Plt Kadinkes Pidie Jaya, Eddy Azwar.

Dengan tenaga kesehatan yang direncakan akan disuntik vaksin COVID-19 itu berjumlah 1.882.

“Untuk launching perdana, direncana akan dipilih 10 orang tokoh Pidie Jaya yang akan disuntik vaksin COVID-19 itu,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Jaya, Eddy Azwar.

Editor: dani

Shares: