Pidie Jaya Prioritaskan Putra Daerah Rekrut CPNS 2019

MEUREUDU (popularitas.com) – Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya akan lebih memprioritaskan putra-putri daerah dalam hal rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 ini. Kebijakan mengutamakan putra-putri Kabupaten Pidie Jaya tersebut bertujuan untuk dapat mengurangi jumlah pengangguran intelektual masyarakat setempat.

Demikian disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pidie Jaya, Sulaiman Aji kepada popularitas.com, Kamis, 14 November 2019.

Namun begitu, tidak juga menutup peluang untuk putra putri daerah lainnya dalam hal rekrutmen CPNS teranyar itu, tapi juga terbuka untuk umum. Pasalnya kata dia, jika rekrutmen tersebut dibuka hanya untuk putra daerah, itu menyalahi aturan.

Hanya saja, kebijakan itu dituang dalam hal persyaratan. Jika pesertanya ber KTP Pidie Jaya, syarat yang ditentukan lebih ringan, di mana Indeks Prestasi Komulatif (IPK) yang harus dimiliki putra daerah hanya 2,75.

Sedangkan peserta dengan KTP luar Pidie Jaya, atau lebih tepatnya masyarakat di seluruh Provinsi Aceh, jika hendak mencari peruntungan di daerah yang disebut Japakeh itu, harus mengantongi IPK pada Ijazah 3.00. Untuk luar Aceh setinggi 3.5.

“Kita buat syarat seperti itu, agar peluang putra-putri daerah Pidie Jaya lebih besar,” kata Sulaiman.

Selain itu kata Sulaiman, selain syarat IPK, Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, juga menambah persyaratan lainnya, berupa CPN yang dinyatakan lulus seleksi ke depannya, tidak pernah mengajukan pindah tugas luar daerah dengan waktu yang telah ditentukan.

“Sesuai Permenpan kalau sudah lulus, tidak dibenarkan untuk pindah tugas selama 10 tahun. Kalau dia tetap memaksa pindah, dianggap dia meminta berhenti sebagai PNS,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, pendaftaran online CPNS tahun 2019 mulai dibuka pada 11 November 2019. Usai melakukan registrasi secara online, para peserta CPNS seterusnya diwajibkan mendaftar ulang pada BKPSDM Pidie Jaya. Nah, di situlah kemudian akan verifikasi syarat-syarat berupa IPK dan lain-lainnya wajib dilengkapi.

Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya membuka rekrutmen CPNS untuk 150 formasi tahun 2019. Formasi tersebut meliputi tenaga teknis dan fungsional. Namun, diantaranya yang paling dominan diketahui berupa tenaga fungsional.* (C-005)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat