Headline

Pengusaha asal Aceh sumbang Rp2 triliun untuk Covid-19 di Sumsel, Siapakah almarhum Akidi Tio?

Nama almarhum Akidi Tio, sontak menggegerkan publik nasional, terkhusus di provinsi Aceh. Betapa tidak, melalui kerabatnya, dan dokter pribadinya, keluarga tersebut menyumbang dana senilai Rp2 triliun kepada Pemerintah Sumatera Selatan, untuk penanganan Covid-19 di bumi Sriwijaya tersebut.
Kapolda Sumsel minta maaf terkait donasi Rp2 triliun dari pengusaha Aceh
Gubernur Sumsel Herman Deru (kiri) didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri menerima bantuan penanganan COVID-19 secara simbolis dari keluarga Akidi Tio senilai Rp2 triliun di Mapolda Sumsel, Palembang, Senin (26/7). (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel/21)

POPULARITAS.COM – Nama almarhum Akidi Tio, sontak menggegerkan publik nasional, terkhusus di provinsi Aceh. Betapa tidak, melalui kerabatnya, dan dokter pribadinya, keluarga tersebut menyumbang dana senilai Rp2 triliun kepada Pemerintah Sumatera Selatan, untuk penanganan Covid-19 di bumi Sriwijaya tersebut.

Yang membuat publik terkejut, nama almarhum Akidi Tio disebut-sebut sebagai pengusaha asal Aceh. Dikutip dari laman tribunSumsel.com (26/7/2021), Bantuan ini diberikan melalui dokter keluarga alm. Akidi Tio di Palembang, Prof dr Hardi Darmawan dan juga disampaikan langsung kepada Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri yang mengenal keluarga pengusaha itu saat bertugas di Aceh beberapa tahun silam.

“Saya sebenernya adalah dokter keluarga dari almarhum Pak Akidi. Sudah 36 tahun dengan Pak Akidi dan bila ditambah dengan anak-anak, mantu dan cicit-cicitnya, berarti terhitung sudah 48 tahun saya mengenal keluarga beliau,” ujar Prof dr Hardi Darmawan saat ditemui setelah acara penyerahan bantuan di Mapolda Sumsel, Senin (26/7/2021).

Siapakah almarhum Akidi Tio? Dari penelusuran yang dilakukan popularitas.com, didapati informasi bahwa, keluarga besar almarhum Akidi Tio, saat ini merupakan pengusaha batu bara di Sumatera Selatan.

Info yang didapatkan dari berbagai sumber, diperoleh informasi bawah, almarhum Akidi Tio, lahir dan besar di Kota Langsa. Saat bermukim di daerah itu, keluarga mereka tinggal di Jln Iskandar Muda.

Namun, pada 1976 seluruh keluarga almarhum Akidi Tio pindah ke Palembang dan sebagian ke Jakarta.

Informasi lain yang didapat, di Kota Langsa, tepatnya di Gang Nasional Gampong Blang Seunibong Kecamatan Langsa Kota, Akidi Tio memiliki anak bernama Ahok, seorang laki-laki berusaia 60 tahun, namun yang bersangkutan sudah meninggal lima tahun lalu, kata sumber popularitas.com.

Anak-anak Ahok dan keluarga semua telah pindah ke Palembang, Sumut dan ke Jakarta.

Tidak ada yang tau persis berapa jumlah anak almarhum Akidi Tio, namun saat ini terdapat salah satu cucunya yang bernama Sumardi alias Ancien, yang berteman dengan Samsoe, yang tinggal di Jl Teuku Umar Kota Langsa.

Samsoe memperkirakan, wanita yang ikut serta dalam penyerahan dana senilai Rp2 triliun, yang di baca di media, merupakan cucu almarhum Akidi Tio bernama Ahoeng.

Sumber popularitas.com juga menerangkan, yang diketahuinya, terdapat dua orang anak almarhum Akidi Tio lainnya, yakni Pauluk dan Aguan, keduanya memiliki rumah di Palembang dan Jakarta.

Aguan diketahui merupakan Ketua Perkumpulan Perantauan Anak Langsa di Sumut Km 12 Medan Binjau, dan juga menjabat sebagai Ketua Perkumpulan Perantauan Anak Langsa di Jakarta.

Sementara itu, Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Irjen Pol Eko Indra Heri, yang dihubungi popularitas.com melalui layanan pesan whatsApp, tidak menjawab pesan singkat yang dikirimkan.

Shares: