News

Pemko Banda Aceh reservoir kapasitas 10 ribu meter kubik

Pemerintah Kota Banda Aceh akan membangun reservoir dengan kapasitas 10.000 meter kubik di wilayah Lambaro, Kabupaten Aceh Besar dalam upaya mengoptimalkan distribusi air bersih bagi masyarakat di wilayah ibukota dan sekitarnya.
Pemko Banda Aceh reservoir kapasitas 10 ribu meter kubik
Arsip Foto - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman (empat kanan) meninjau bendungan karet Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy di aliran Krueng (sungai) Aceh, Lambaro, Aceh Besar, Aceh, Selasa (13/8/2019). (ANTARA FOTO / Irwansyah Putra/hp.)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kota Banda Aceh akan membangun reservoir dengan kapasitas 10.000 meter kubik di wilayah Lambaro, Kabupaten Aceh Besar dalam upaya mengoptimalkan distribusi air bersih bagi masyarakat di wilayah ibukota dan sekitarnya.

“Secara umum ketersediaan air bersih (di Banda Aceh) sudah terpenuhi, dan kita tahun 2021 ini akan membangun lagi reservoir terbesar 10 ribu meter kubik di Lambaro, Aceh Besar,” kata Walikota Banda Aceh Aminullah Usman di Banda Aceh, seperti diwartakan Kantor Berita Antara.

baca juga : Banda Aceh Sulap Hotel Jadi Lokasi Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

Secara umum distribusi air bersih dari PDAM Tirta Daroy telah berjalan dengan baik. Jikapun ada aliran air yang tersendat maka itu hanya gangguan lokal di daerah tertentu, tidak semua wilayah kota.

Bahkan, setelah resmi beroperasi reservoir Taman Sari yang dilengkapi empat booster pump, dengan daya tampung 3.000 meter kubik itu, distribusi air bagi masyarakat semakin lancar, terutama daerah Ulee Lheu dan sekitarnya yang kerap mendapat keluhan gangguan pendistribusian.

Pemerintah kota, berkomitmen untuk terus mengoptimalkan distribusi air berjalan baik dan lancar hingga terakomodir ke seluruh daerah. Dan Pemko, lanjut dia, telah mengalokasi dana untuk pembangunan reservoir 10.000 meter kubik di Lambaro.

“Kita sudah anggarkan dan sedang mau proses tender. Jadi dengan adanya reservoir ini maka ketersediaan air nanti akan semakin kuat,” kata Aminullah.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk melapor secara langsung kepada dirinya apabila mengalami kendala terhadap distribusi air bersih dari PDAM Tirta Daroy, agar dapat segera ditindak lanjuti.

“Alhamdulillah bulan puasa kemarin tidak ada masalah air, sekarang ini kalaupun ada langsung lapor ke saya sebagai walikota dan saya ingin tindaklanjut segera,” katanya. 

Editor : Hendro Saky

Shares: