Iklan pemutihan kendaraan – Pemerintah Aceh

Pemerintah Aceh Diminta Bentuk Satgas Pelayanan Kesehatan

BANDA ACEH (popularitas.com) – Untuk memastikan pelayanan kesehatan tetap berjalan terkait penanganan pasien corona, DPR Aceh mendesak Pemerintah Aceh, untuk membentuk satgas pelayanan kesehatan dari tingkat kota/kabupaten hingga desa.

Ketua DPR Aceh, Dahlan Jamaluddin, menjelaskan satgas itu nantinya yang bertanggung jawab dalam pelayanan medis kepada pasien yang mengalami gejala seperti terinfeksi virus corona.

Sehingga, dengan adanya satgas itu, pasien dari daerah tidak lagi mendatangi RS rujukan terkait virus corona di Banda Aceh ataupun RS rujukan di Aceh Utara.

Baca: Tangani Corona, DPRA Akan Bahas Soal Belanja Tak Terduga dengan Pemerintah Aceh

“Ini untuk memastikan pelayanan kesehatan, kita dorong satgas pelayanan kesehatan terbentuk. Jadi harus ada yang bertanggungjawab terkait pelayanan kesehatan dari tingkat kecamatan hingga kabupaten/kota,” ujarnya saat menggelar jumpa pers di media center DPRA, Kamis, 19 Maret 2020.

Hal itu, kata dia juga menghindari penumpukan pasien rujukan dari daerah ke Banda Aceh. Artinya, lanjut dia, petugas medis yang masuk dalam satgas itu tetap memberikan pelayanan kesehatan, sebelum pasien tersebut divonis terinfeksi virus corona.

“Jadi ada yang bertanggung jawab dalam menjalankan medisnya. Selama ada gejala, pasien itu tetap di rawat di daerah sebelum keluar hasil swab dari Litbangkes. Jadi tidak mungkin semua dirujuk ke RSUZA,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya meminta adanya kesiapan medis, khususnya di perbatasan Aceh. Untuk memantau arus lalu lintas orang di daerah tersebut. Seperti, adanya pos pelayanan kesehatan di terminal, bandara dan pelabuhan.

“Mau seberapa tim medis kita untuk menghadapi covid 19 ini, juga harus ada kesiapan. Jadi tidak cukup hanya seruan saja,” kata Dahlan. (dani)

-- ads Maklumat bersama Forkopimda Aceh --

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
loading...