News

PDA Dukung Referendum Kalau Keinginan Rakyat Aceh

Tgk Muhibbussabri A Wahab, Ketua Umum PD Aceh. | Foto Pikiran Merdeka/Oviyandi Emnur

BANDA ACEH (popularitas.com) – Ketua umum Partai Daerah Aceh (PDA) Muhibussabri A Wahab mendukung wacana referendum yang disampaikan Muzakkir Manaf. Menurutnya referendum sah-sah saja digelar di daerah ini jika memang keinginan rakyat Aceh.

Pernyataan referendum demi Aceh lebih baik terlontar dari mulut mantan panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) saat memberikan orasi politik di acara peringatan wafatnya Wali Nanggroe Hasan Muhammad di Tiro tahun ke 9 pada Senin, 27 Mei 2019. Acara yang berlangsung di Amel Convention Center tersebut juga turut dihadiri sejumlah tokoh Aceh, termasuk unsur Polri dan TNI.

Baca: Kata Referendum Kembali Terdengar dari Aceh

“Kalau itu memang keinginan rakyat Aceh, ya kita dukung pendapat Mualem itu,” kata Muhibbussabri di Banda Aceh, Selasa, 28 Mei 2019.

Sebelumnya, wacana referendum ini disuarakan Mualem karena mengingat beberapa aspek yang kini melanda Indonesia. Menurut Mualem, persoalan bangsa Indonesia semakin hari semakin menumpuk.

“Indonesia terjerat pada berbagai persoalan seperti nasib beberapa negara di Afrika. Apalagi Indonesia ke depan akan dijajah oleh asing, ini yang kita khawatirkan. Karena itu, Aceh lebih baik mengikuti Timor Timur,” ujarnya.

Baca: Ketua PNA Sepakat Referendum di Aceh, Asal…

Dukungan senada juga disampaikan Ketua Harian PNA, Samsul Bahri alias Tiyong. Dia turut mendukung referendum untuk Aceh jika pemerintah pusat mencoba mengkhianati hak-hak rakyat Aceh sebagaimana yang tercantum dalam MoU Helsinki dan Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA). Lagipula, menurut Tiyong, UUPA selama ini tersandera oleh regulasi lain yang selevel di tingkat nasional.(ASM)

Shares: