EkonomiNews

OJK Catat 1,5 Juta Rekening Warga Aceh Masih Gunakan Bank Konvensional

Ilustrasi Kantor OJK | KataData

POPULARITAS.COM – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh Yusri, mencatat dari 4,2 juta rekening, baru 2,7 juta warga Aceh yang sudah beralih ke syariah. Sisanya sekitar 1,5 juta masih menggunakan rekening bank konvensional.

Hal tersebut disampaikan Yusri, dalam diskusi yang di laksanakan oleh Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Aceh. Kegiatan yang dilangsungkan, Senin (3/5/2021) di salah satu hotel di Banda Aceh, juga turut menghadirkan Kepala BI Aceh, Achris Sarwani, Ketua DPR Aceh, Dahlan Jamaluddin, dan Dirut Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman.

Sejauh ini, menurutnya, pemberlakuan Qanun LKS Aceh, belum di barengi dengan kesadaran masyarakat dalam hal perbankan syariah.

Dari penelitian yang dilakukan pihaknya, hanya 17 persen warga di daerah berjuluk serambi mekkah ini yang sadar dan paham soal perbankan syariah.

“Artinya, masih ada 83 persen lagi yang tidak paham,” katanya.

Untuk itu penting sekali adanya edukasi, dan juga mendorong literasi keuangan syariah kepada masyarakat Aceh.

Sejauh ini, pemberlakuan qanun LKS dan hadirnya BSI membuat dana pihak ketiga (DPK) yang terhimpun di bank syariah di Aceh meningkat. DPK mencapai Rp45 triliun.

Hal itu juga meningkat di sektor pembiayaan mencapai Rp35 triliun. Hingga triwulan I  2021 ini, DPK di Aceh masih stagnan.

Shares: