News

Nelayan Singkil Meninggal Diterkam Buaya Saat Berenang

Saat cari ikan, warga Aceh Timur diserang buaya
Ilustrasi buaya muara | Foto: Tribunnews

POPULARITAS.COM – Seorang nelayan Desa Ujung Sialit, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil tewas diterkam buaya saat berenang di sekitar Pulau Banda, kecamatan setempat pada Kamis (18/2/2021) dini hari.

Sekretaris Satuan Tugas SAR Kepulauan Banyak, Yudistira mengatakan, nelayan yang diterkam buaya tersebut bernama Sojinema Zega (36), warga Desa Ujung Sialit, Kecamatan Pulau Banyak Barat.

“Nelayan ini tewas diterkam buaya saat sedang berenang bersama empat orang rekannya di Pulau Banda, perairan pulau Banyak Barat,” ungkap Yudistira dalam keterangannya saat dikonfirmasi, Kamis (18/2/2021).

Adapaun keempat rekan korban, kata Yudistira, adalah Onius Gulo (27), Eli Yudi Gulo (24), Dirianus Gea (22) dan Erlin Zai (19).

Ia menjelaskan, peristiwa tersebut bermula saat korban bersama empat rekannya berangkat melaut ke perairan Pulau Banda dengan maksud berenang malam untuk cari ikan dan tripang pada Rabu (17/2/2021) pukul 18.30 WIB.

“Mereka berangkat dengan mengunakan perahu. Setiba di lokasi pada pukul 19.00 WIB, korban dengan tiga orang rekan turun berenang. Sementara satu orang berada di atas perahu,” kata Yudistira.

Kata Yudistira, beberapa lama kemudian atau pada Kamis (18/2/2021) dini hari sekira pukul 00.30 WIB korban berteriak meminta tolong. Korban bahkan sempat memberi tahu ada buaya.

“Mendengar ada teriakan ketiga rekan korban mengejar dan menghampiri korban yang sedang diterkam buaya, kemudian salah seorang teman korban menusuk buaya tersebut dengan tombak ikan hingga buaya tersebut melepaskan korban dari mulutnya,” jelasnya.

Satu jam berselang, sambung Yudistira, keempat rekannya membawa korban kembali ke rumah di Desa Ujung Sialit dalam keadaan sudah meninggal dunia.

“Saat ini korban disemayamkan di rumah duka, direncanakan pada siang ini akan dimakamkan di pemakaman umum Desa Ujung Sialit,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: