News

Museum Tsunami Raih Juara Pertama Anugerah Pesona Indonesia Terpopuler

Museum Tsunami ditutup tiga hari selama libur idul adha
Museum Tsunami Aceh

POPULARITAS.COM – Museum Tsunami Aceh berhasil meraih juara pertama kategori destinasi wisata unik terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020. Pengumuman itu berlangsung di Inaya Bay Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (20/5/2021) malam.

Museum Tsunami Kota Banda Aceh berhasil unggul dari sejumlah destinasi unik lainnya.

Pesaingnya di kategeori unik terdapat Aek Natonang Samosir, Batu Tompak Tiga Anambas, Danau Dua Rasa Berau, Danau Gedang Bengkulu, Dusun Sri Pengantin Musi Rawas, Jajang Saribu Bukit Tinggi, Pasir Putih Aikima Jayawijaya, Sungai Tambosari Kolaka, dan Waterblow Penin Sula Bali.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam mendukung Museum Tsunami dengan melakukan voting yang sebelumnya diadakan di pengujung tahun lalu.

Ia juga mengapresiasi Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh yang dinilai aktif mempromosikan dan mengajak warga Kota Banda Aceh untuk ikut memilih Museum Tsunami sebagai destinasi wisata unik terpopuler dengan melibatkan Duta Wisata Kota Banda Aceh, yakni Agam Inong.

Menurutnya, ini menjadi kesempatan besar dalam menghadirkan wisatawan ke Kota Banda Aceh, tidak hanya wisatawan nusantara tetapi juga wisatawan mancanegara jika pandemi Covid-19 telah berakhir.

“Kita harapkan dengan kemenangan ini dapat menunjang sektor wisata dan perekonomian khususnya di Banda Aceh sehingga dapat terciptanya kekesejahteraan masyarakat dimasa pandemi covid 19,” sebutnya.

Ia menjelaskan, Museum Tsunami yang didesain oleh Ridwan Kamil dibangun pada tahun 2008 menghabiskan biaya Rp 140 miliar terletak di tengah kota Banda Aceh merupakan monumen simbolis untuk mengenang bencana gempa bumi dan tsunami di Aceh pada tahun 2004.

Bangunan ini menyimpan berbagai bukti kedahsyatan tsunami 2004, serta sebagai pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat ketika terjadi tsunami.

“Diharapkan dengan adanya Museum ini menjadi edukasi bagi kita semua. Pada tahun 2018 Silam Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh juga sudah pernah meraih Anugrah Pesona Indonesia,” katanya.

Untuk Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2021 akan di gelar di Kabupaten Banyu Asin Palembang Sumatera Selatan pada bulan November. Banda Aceh akan ikutkan PLTD Apung sebagai icon unik selanjutnya.

Shares: