NewsOlahraga

Mengenal Nurul Akmal, Atlet Aceh Pembawa Bendera Indonesia di Olimpiade Tokyo

Nurul Akmal. (detik)

POPULARITAS.COMNurul Akmal dan Rio Waida akan jadi pembawa bendera Indonesia saat upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

Opening ceremony Olimpiade Tokyo akan dilakukan pada hari Jumat (23/7/2021) ini. Rencananya, upacara pembukaan itu dilangsungkan pada pukul 18.00 WIB.

Parade kontingen atau negara peserta Olimpiade Tokyo 2020 sendiri rencananya diawali oleh Yunani dan ditutup oleh Jepang. Indonesia berada di nomor urut ke-22.

Nurul Akmal sendiri lahir pada 12 Februari 1993. Atlet angkat besi 28 tahun itu kini berdomisili di Aceh. Ia merupakan lifter kelas +87 kg dan dinyatakan lolos setelah berhasil menempati peringkat 6 kualifikasi Olimpiade.

Lolosnya Nurul ke Olimpiade Tokyo 2020 sekaligus menjadi pencapaian tersendiri. Ia menjadi atlet putri pertama Indonesia yang lolos di kelas berat — Merah Putih biasanya meloloskan atletnya di kelas-kelas ringan.

Selain itu, Nurul juga menjadi atlet pertama dari Aceh yang tampil di Olimpiade sejak 33 tahun silam. Kali terakhir ada atlet asal Aceh lain yang tampil di Olimpiade adalah Alkindi pada cabang anggar Olimpiade 1988 Seoul, Korea Selatan.

Dalam kariernya, Nurul Akmal sudah pernah menorehkan sejumlah catatan demi mengharumkan nama Indonesia. Sebut saja medali perak Islamic Solidarity Games di Baku 2017, emas di test event Asian Games 2018, juga satu perak dan dua perunggu di Qatar Cup 2019.

“Sudah lolos Olimpiade kemudian diminta membawa bendera Merah Putih itu rasanya bangga sekali. Luar biasa dan tidak disangka-sangka,” kata Nurul Akmal.

Sumber: detik

Shares: