News

Membuat Sangkar Burung dengan Mudah Hemat Biaya

ilustrasi.

POPULARITAS.COM – Burung merupakan binatang yang banyak disukai dan dipelihara banyak orang. Selaian sebagai penghias rumah atau penghilang stres, binatang jenis ini juga dijadikan sebagai hoby.

Maka tak jarang burung dilombakan baik suaranya, bentuknya, ataupun kelincahannya. Bagi Anda pecinta burung dan senang memelihara burung pasti membutuhkan yang namanya sangkar burung.

Bahan rangka untuk membuat sangkar burung biasanya terbuat dari bambu, kayu, rotan, logam dan plastik. Bahan jeruji bisa dari bambu atau logam/kawat.

Untuk sangkar dari logam biasanya digunakan untuk burung-burung paruh bengkok dengan paruh tajam dan kuat serta suka merusak sangkar yang terbuat dari kayu.

Keunggulan bahan logam yaitu mudah dibersihkan dan kuat. Sedangkan kelemahannya mudah berkarat jika terkena air dan udara dengan kadar garam tinggi. Selain itu perlu diwaspadai adanya beberapa jenis logam yang beracun.

Dikutip dari www.berwirausaha.net, ukuran pada sangkar burung biasanya disesuaikan dengan ukuran burung, jenis burung dan gaya atau gerak mereka ketika berkicau.

Ukuran burung besar atau ekor panjang (Cucakrowo, Murai Batu, Poksai dan sejenisnya) bisa menggunakan sangkar bulat atau kotak dengan ukuran lebar atau panjang atau kalau bulat dengan diameter sekitar 50 cm setinggi 60-75 cm.

Ukuran menengah yakni Anis Merah, Anis Kembang, Cendet, dan burung lain seukuran bisa menggunakan sangkar bulat atau kotak dengan lebar atau panjang 30-35 cm setinggi 50 cm.

Sementara ukuran kecil seperti Ciblek, Prenjak, Sulingan/tledekan, Kolibri dan burung lain seukuran bisa menggunakan sangkar bulat atau kotak dengan lebar atau panjang 20-30 cm setinggi 40 cm.

Sedangkan ukuran khusus seperti Kenari agar memberi performa yang bagus, gunakan sangkar ukuran burung menengah dengan dua atau tiga tangkringan.

Dalam proses pembuatan sangkar, ada beberapa langkah yang harus ditempuh, yakni sebagai berikut:

Membuat pintu sangkar

Pintu dibuat sesuai dengan ukuran burung, untuk burung dengan ukuran besar tertentu biasanya pemilik akan memesan ukuran pintunya sesuai dengan besar burung yang dipelihara. Sedangkan untuk bentuknya berfariasi.

Tangkringan

Tangkringan biasanya berbentuk akar yang di lintangkan didalam sangkar fungsinya untuk sebagai tempat burung bertengger dan juga sebagai hiasan.

Wadah pakan dan minum

Untuk wadah biasanya pembuat sangkar akan membeli wadah jadi dari aton yang banyak dijual di pasaran. Hal ini untuk mempermudah proses pembuatan.

Pengait atau cantolan

Untuk cantolan atau pengait biasa nya dibuat dengan kawat dibagian atas kandang karena kawat ini jauh sehingga aman dari jangkauan burung

Tips membuat sangkar aman

Sangkar yang kurang aman bisa menyebabkan burung lepas atau keluar. Berikut tips agar sangkar aman antara lain; pastikan jarak perjerujinya lebih kecil dari kepala burung, perhatikan baut atau perekatnya aman.

Kemudian, jika ada satu jeruji yang patah atau bengkok segera perbaiki, jaga selalu kebersihan sangkar dari kotorannya untuk menghindari burung terkena penyakit.

Selanjutnya, untuk pakan minuman dan tempat mandi sebaiknya selalu dicek secara berkala jangan sampai wadah pakan dan minum kosong.

Editor: dani

Shares: