EkonomiHeadline

Maybank Indonesia miliki unit usaha syariah di Aceh

Myabank Indonesia, pada kuartal II tahun 2021, akan membuka unit usaha syariah di sejumlah daerah, seperti Samarinda, Jambi, dan Malang. Dan sementara, di provinsi Aceh, perbankan itu telah membukanya sejak kuartal pertama.
Maybank Indonesia miliki unit usaha syariah di Aceh

POPULARITAS.COM – Myabank Indonesia, pada kuartal II tahun 2021, akan membuka unit usaha syariah di sejumlah daerah, seperti Samarinda, Jambi, dan Malang. Dan sementara, di provinsi Aceh, perbankan itu telah membukanya sejak kuartal pertama.

Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria mengatakan, unit usaha syariah mencatatkan pertumbuhan laba sebelum pajak sebesar 67,6 persen, menjadi Rp294 miliar pada semester I tahun 2021.

Peningkatan laba itu didukung oleh upaya berkelanjutan perseroan dalam meningkatkan dana murah dan melakukan efisiensi biaya.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria mengatakan, hal itu didukung oleh upaya berkelanjutan perseroan dalam meningkatkan dana murah dan melakukan efisiensi biaya.

baca juga : Komisaris BSI sebut rakyat Aceh visioner terkait Qanun LKS

“Maybank Indonesia mengimplementasikan strategi “Shariah First”, yang mengedepankan solusi keuangan syariah menggunakan pendekatan leveraged model dimana bank mendayagunakan seluruh sumber daya dan jaringan terkait pemasaran produk keuangan berbasis syariah. Penerapan strategi ini berkontribusi terhadap peningkatan kinerja Unit Usaha Syariah,” ujar Taswin dalam keterangan di Jakarta, Minggu, seperti diberitakan laman Antara.

Total simpanan nasabah UUS Maybank Indonesia naik 10,1 persen menjadi Rp26,9 triliun pada Juni 2021. Tekanan pada masa pandemi juga membuat total pembiayaan turun tipis 1 persen menjadi Rp24,7 triliun pada akhir Juni 2021.

Sementara, total aset pada akhir Juni 2021 naik 20,5 persen menjadi Rp36,4 triliun dari Rp30,2 triliun pada periode yang sama tahun lalu. Total aset Unit Usaha Syariah sendiri menyumbang 22,5 persen terhadap total aset Bank secara konsolidasian.

Taswin menambahkan, Unit Usaha Syariah Maybank Indonesia secara aktif memperluas jangkauanya untuk memasarkan solusi keuangan Syariah kepada nasabah yang lebih luas. Upaya ekspansi tersebut merupakan kelanjutan dari strategi “Shariah First”.

Termasuk kantor cabang baru tersebut, kini Maybank Indonesia telah mengoperasikan 19 Kantor Cabang Syariah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, pada Mei 2021, Bank menggelar Maybank Indonesia Shariah Thought Leaders Forum, yakni sebuah forum diskusi virtual yang mengundang thought leaders, terdiri dari praktisi bisnis, regulator, dan akademisi di bidang industri keuangan syariah, untuk membahas mengenai strategi serta tantangan dalam membangun ekonomi dan industri keuangan syariah di Indonesia. 

Editor : Hendro Saky

Shares: