News

Mahasiswa Unigha studi tur ke situs sejarah di Sabang

Mahasiswa Unigha studi tur ke situs sejarah di Sabang
Mahasiswa Unigha studi tur ke situs sejarah di Sabang, 1-2 Oktober 2022. Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah Universitas Jabal Ghafur (Unigha), Kabupaten Pidie, melakukan studi tur sejarah ke beberapa situs sejarah yang terdapat di Pulau Sabang.

Kegiatan yang berlangsung 1-2 Oktober 2022 itu dalam rangka mendapatkan informasi, memberi pemahaman dan inspirasi kepada mahasiswa terhadap peristiwa sejarah secara langsung ke tempat-tempat bersejarah.

Studi tur tersebut didampingi Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah, Muhammad Zaini dan dosen pembimbing Heri Fajri.

Muhammad Zaini dalam keterangannya, Senin (3/10/2022) mengatakan, dalam studi tur tersebut, mahasiwa Pendidikan Sejarah melakukan beberapa lawatan, yaitu ke Makam Umi Sarah Rubiah yang terdapat di Pulau Rubiah.

Zaini menjelaskan, Umi Sarah Rubiah merupakan istri dari Waliyullah Tgk. Ibrahim atau lebih dikenal Tgk Syik di Iboh, yang hidup pada tahun 1732 dan wafat pada tahun 1779.

“Nama Pulau Rubiah sendiri disematkan namanya dari Umi Sarah Rubiah,” jelas Zaini.

Selanjutnya, tambah Zaini, mahasiswa juga melakukan perjalanan ke Benteng Anoi Itam di Anoi Itam. Benteng tersebut digunakan pada masa pendudukan Jepang untuk menyimpan peluru dan senjata dalam perang dunia ke II.

“Mahasiswa juga mengunjungi beberapa tempat lainnya di Pulau Sabang, yaitu Terowongan Jepang di kelurahan Aneuk Laot, Kecamatan Sukakarya, Benteng Baterai A di Cot Ba’U, dan Kompleks Makam Kolonial Belanda di Desa Kota Atas,” ujarnya.

Shares: