Lintasan Gayo Lues- Aceh Timur Lumpuh total akibat longsor

POPULARITAS.COM – Jalan yang menghubungkan Kabupaten Gayo Lues dengan Aceh Timur mengalami longsor pada Jumat (14/5/2021) pagi. Akibatnya, lintasan antarkabupaten itu lumpuh total.

Direktur Lalu-lintas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, longsor tersebut terjadi tepatnya di Desa Badak, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues.

“Pada hari ini pukul 09.45 WIB, jalan lintas Blangkejeren-Pining tepatnya di Desa Badak telah terjadi tiga titik tanah longsor disertai batu pasir dan lumpur yang menutupi seluruh badan jalan,” kata Dicky dalam keterangannya, Jumat (14/5/2021).

baca juga : Alat Berat Dikerahkan ke Lokasi Longsor di Mane

Ia menjelaskan, longsor tersebut diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi pada Kamis (13/5/2021) malam di pegunungan Kecamatan Badak. 

Kondisi tanah yang labil serta adanya sumber mata air di atas pegunungan menyebabkan terjadinya longsor.

Saat ini, kata Dicky, personel Satlantas Polres Gayo Lues telah berkoordinasi dengan PT Lembah Alas untuk segera membersihkan material longsor dengan menggunakan alat berat.

“Karena hingga saat ini operator alat berat bantuan dari Blangkejeren belum datang untuk membersihkan material longsor,” tutur Dicky.

Kata Dicky lagi, personel Satlantas Polres Gayo Lues juga mengamankan lokasi dan membantu  mengatur kendaraan yang akan melintas. Mereka juga mengingatkan kepada pengendara roda empat dan roda dua agar menunggu pembersihan jalan yang dilakukan oleh PT Lembah Alas.

“Personel Satlantas Polres Gayo Lues mengingatkan juga kepada pengendara agar tetap waspada, apalagi warga yang tinggal di dekat lokasi titik longsor,” ucap Dicky.

Editor : Hendro Saky

Comments
Loading...