Lima warung kopi rekomendasi di Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Aceh dan kopi, dua hal yang tak dapat dipisahkan. Bagi masyarakat daerah ujung barat Sumatra ini, tradisi minum kopi memang sudah berkembang turun temurun seiring perkembangan zaman.

Di Kota Banda Aceh, warung kopi terus tumbuh dari tahun ke tahun, terutama pasca gempa dan tsunami Aceh 2004 silam. Menjamurnya kedai kopi di daerah ini membuat Aceh dijuluki “Negeri Seribu Kopi”.

Bagi wisatawan luar, rasanya belum lengkap ke provinsi berjuluk Tanah Rencong ini, jika belum menikmati kopi Aceh yang diracik secara tradisional menggunakan saringan besar yang dibuat seperti bentuk kaus kaki.

Berikut popularitas.com merekomendasi 5 warung kopi robusta yang diracik secara tradisional di Kota Banda Aceh dan memiliki cita rasa terbaik:

Warung Kopi Solong

Warung Kopi Solong menjadi salah satu warung kopi tertua di Kota Banda Aceh. Warung kopi satu ini melayani pengunjung semenjak usai salat Subuh hingga jelang larut malam. Selain kopi saring, warung ini juga menyediakan aneka bubuk kopi dari dataran tinggi Gayo.

Bukan hanya tempat ngopinya warga lokal, Warung Kopi Solong juga menjadi destinasi para tokoh maupun pejabat negara ketika berkunjung ke Bumi Serambi Makkah.

Jusuf Kalla: 2022 merupakan tahun politik yang romantis
Mantan Wapres RI, Jusuf Kalla setelah menikmati kopi di Warung Kopi Solong, Ulee Kareng, Banda Aceh pada Desember 2019. FOTO: Muhammad Fadhil/popularitas.com

Jika Anda ingin menikmati kopi saring yang disajikan Warung Kopi Solong, maka dapat mengunjunginya di kawasan Simpang 7 Ulee Kareng, Kota Banda Aceh atau Jalan T. Iskandar Nomor 13-14, Gampong Lamglumpang, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.

Selain di Ulee Kareng, Warung Kopi Solong juga membuka cabang di sejumlah kawasan di Kota Banda Aceh, seperti Lambhuk, Pango, Peunayong, Lamnyong dan beberapa lokasi lainnya.

Budi Warkop

Budi Warkop menjadi salah satu warung kopi yang direkomendasikan untuk wisatawan ketika berkunjung ke Banda Aceh. Dengan peracik sarat pengalaman, Budi Warkop menghadirkan kopi robusta yang nikmat.

Budi Warkop berada di Jalan Dr. Mr. Mohd Hasan, Sukadamai, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh. Warung ini melayani pengunjung selama 24 jam. Selain kopi, Budi Warkop juga menyedikan aneka minuman lainnya.

Saban hari, Budi Warkop menjadi tempat ngopinya masyarakat Banda Aceh dari berbagai kalangan, seperti pegawai BUMN, jurnalis, politikus, pengusaha hingga aparatur sipil negara (ASN).

Pengunjung menikmati kopi di Budi Warkop, Batoh, Banda Aceh. Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

Dhapu Kupi

Berada di pusat kota, Dhapu Kopi menjadi salah satu warung kopi di Banda Aceh yang mudah diakses dari segala penjuru. Selain kopi saring, warung ini juga menyediakan berbagai minuman olahan dari bahan dasar kopi, seperti sanger panas, sanger dingin, hingga sanger pancung yang diracik hanya setengah gelas.

Dhapu Kupi berada di Jalan Teuku Imung Leung Bata, Nomor 1-5, Sukadamai, Kota Banda Aceh. Warung ini menjadi destinasi para wisawatan dari luar ketika berkunjung ke pusat ibu kota provinsi Aceh itu.

Dhapu Kupi, Banda Aceh. Foto: Instagram/@munadi.1989

Zakir Warkop

Zakir Warkop menjadi salah satu warung kopi terkenal di Banda Aceh. Warkop ini memiliki beberapa cabang, seperti di Kopelma Darussalam, Lampriet, Peuniti, hingga Lamteumen.

Zakir Warkop menyedikan kopi saring robusta dan aneka minuman lainnya. Warkop ini juga menjadi destinasi para wisatawan maupun warga luar Aceh ketika berkunjung ke daerah ini.

Zakir Warkop, Banda Aceh. Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

Kantin SMEA

Warung kopi dengan nama Kantin SMEA menjadi salah satu warung yang direkomendasi oleh pecinta kopi di Banda Aceh. Cita rasa kopi saring robusta yang disajikan di warung tersebut memang tak diragukan lagi.

Kantin SMEA berada di jalan T. Panglima Nyak Makam, Kota Baru, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Warung kopi ini menjadi tempat ngopi masyarakat dari berbagai kalangan, baik akademisi, mahasiswa, jurnalis, hingga aparatur sipil negara (ASN).

Warung kopi Kantin SMEA juga menjadi tempat ngopinya para bintara hingga perwira Polri, pejabat sekelas bupati, anggota DPR, pengusaha, tokoh agama serta politikus.

Sanger dan aneka kue di Kantin SMEA Lampineung, Banda Aceh. Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

Selain kopi saring, Kantin SMEA juga menawarkan sanger yang diracik secara tradisional. Cita rasa sanger Kantin SMEA memang tak perlu diragukan lagi. Secangkir sanger semakin nikmat jika ditemani oleh pisang goreng Nyak Dah.

Selain lima warung kopi tersebut, di Kota Banda Aceh juga terdapat puluhan, ratusan bahkan seribuan warung kopi lainnya, dengan khas cita rasanya masing-masing. Warung kopi itu bisa ditemui dengan mudah di kiri-kanan ruas jalan protokol maupun permukiman.

Comments
Loading...