News

Kemenag akan Pantau Gerhana Matahari Cincin di Simeulue

Warga dibekali bagaimana cara memantau gerhana di Kanwil Kemenag Aceh, Selasa, 19 November 2019. | Foto: Muhammad Fadhil

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kanwil Kemenag Aceh akan memantau gerhana matahari cincin di Kabupaten Simeulue pada 26 Desember 2019. Gerhana itu akan terjadi hampir di seluruh Indonesia, tetapi hanya tujuh provinsi yang bisa melihat gerhana total.

Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh menyebutkan, ketujuh provinsi yang bisa melihat gerhana matahari total adalah Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

Untuk provinsi Aceh, gerhana total hanya bisa dilihat di Kabupaten Simeulue dan sebagian Singkil. Gerhana akan terjadi pada pukul 10.00 WIB sampai 14.00 WIB.

“Durasi gerhana seluruhnya tiga jam 47 menit 52 detik, sementara durasi gerhana total cincin dua menit 53 detik,” kata Daud Pakeh kepada wartawan di sela-sela Sosialisasi Hisab Rukyat pada pelajar di Kanwil Kemenag setempat, Selasa, 19 November 2019.

Sosialisasi itu diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari sekolah dan madrasah di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Menurut Daud Pakeh, kegiatan itu bertujuan untuk mengedukasi para siswa tentang bagaimana terjadinya fenomena alam itu.

“Sosialiasi ini bagi kami penting, karena untuk memberikan pemahaman untuk anak-anak kita, di satu sisi sebagai sains, mereka harus tahu kapan gerhana matahari itu terjadi,” tutur Daud Pakeh.

Selain itu, kata Daud Pakeh, sosialisasi itu juga bertujuan untuk memberi pemahaman pada masyarakat bagaimana terjadinya fenomena gerhana melalui para siswa-siswi.

“Lewat anak-anak kita mengedukasi apa yang harus dilakukan masyarakat saat gerhana, baik gerhana bulan maupun matahari, juga kita menjaga aqidah umat jangan ada seperti masa lalu, kami yakin di kampung-kampung masih ada yang menganggap gerhana itu musibah besar,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Daud Pakeh juga menyebutkan bahwa saat gernaha matahari cincin, pihaknya akan membagi 500 kacamata khusus untuk masyarakat di Simeulue.

“Kita juga mengimbau pada masyarakat yang melihat gerhana untuk melaksanakan salat gerhana,” ujarnya.*(C-008)

Shares: