News

Kebakaran di Lhoknga Meluas, Sembilan Kios Suvenir dan Satu Rumah Terbakar

Empat Kios Pengrajin Rotan di Lhoknga Terbakar. (ist)

POPULARITAS.COM – Sebanyak sembilan kios suvenir kerajinan rotan dan satu rumah yang berada di Jalan Banda Aceh-Lhoknga, Gampong Lamgaboeh, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, terbakar pada Rabu (28/7/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan, dari sembilan kios suvenir kerajinan rotan, tujuh di antaranya mengalami rusak berat.

“Dua kios rusak ringan dan satu rumah yang berada kawasan itu rusak sedang,” kata Ilyas dalam keterangannya, Rabu (28/7/2021).

Baca: Empat Kios Pengrajin Rotan di Lhoknga Terbakar

Ia menyampaikan, tujuh kios yang mengalami rusak berat masing-masing milik Amiruddin, Mukhtar, Rita, Ferdianti, Yusri, Saidi Ramli dan Hendra. Sementara yang rusak ringan milik Anwar dan Efendi

“Sedangkan rumah yang rusak sedang milik M. Zaini Amin,” sebut Ilyas.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran menghanguskan empat kios pengrajin rotan di jalan Banda Aceh-Lhoknga, Gampong Lamgaboeh, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (28/7/2021).

BPBA dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh yang ikut membantu pemadaman kebakaran itu kemudian merilis data terbaru bahwa total ada sembilan kios dan satu rumah ikut terbakar.

Kepala DPKP Banda Aceh, Rizha mengatakan, dalam memadamkan api, pihaknya mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran dari Kutaraja ke lokasi kejadian.

“Juga didukung oleh 4 unit armada pemadam Kabupaten Aceh Besar,” ujar Rizha dalam keterangannya, Rabu (28/7/2021).

Kata Rizha, berdasarkan keterangan dari salah seorang pemilik kios, Amiruddin, sebelum kebarakan ia ada membakar sampah di belakang kiosnya. Namun, tak lama kemudian ditinggalkan karena untuk melayani pembeli.

“Sehingga anaknya yang berada di belakang kios tersebut memberitahukan ke ayahnya bahwa dinding belakang kios sudah menjalar api,” jelas Rizha.

Mengetahui kiosnya terbakar, lanjut Rizha, Amiruddin menjadi panik karena angin bertiup cukup kencang. Hal ini menyebabkan api begitu cepat membasar dan menjalar ke kios samping.

“Beberapa pembeli sekitarnya pun mencoba menghubungi pihak pemadam kebakaran untuk bantuan pemadaman api,” tutur Rizha.

Editor: dani

Shares: