News

Empat Kios Pengrajin Rotan di Lhoknga Terbakar

Empat Kios Pengrajin Rotan di Lhoknga Terbakar. (ist)

POPULARITAS.COM – Kebakaran menghanguskan empat kios pengrajin rotan di jalan Banda Aceh-Lhoknga, Gampong Lamgaboeh, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (28/7/2021).

Dari informasi diterima, empat kios itu masing-masing milik Amiruddin (56), Azwar (45), Efendi (65) dan Zamal (55). Kebakaran terjadi pada pukul 13.28 WIB.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Rizha mengatakan, dalam memadamkan api, pihaknya mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

“Juga didukung oleh 4 unit armada pemadam Kabupaten Aceh Besar,” ujar Rizha dalam keterangannya, Rabu (28/7/2021).

Kata Rizha, berdasarkan keterangan dari salah seorang pemilik kios, Amiruddin, sebelum kebarakan ia ada membakar sampah di belakang kiosnya. Namun, tak lama kemudian ditinggalkan karena untuk melayani pembeli.

“Sehingga anaknya yang berada di belakang kios tersebut memberitahukan ke ayahnya bahwa dinding belakang kios sudah menjalar api,” jelas Rizha.

Mengetahui kiosnya terbakar, lanjut Rizha, Amiruddin menjadi panik karena angin bertiup cukup kencang. Hal ini menyebabkan api begitu cepat membasar dan menjalar ke kios samping.

“Beberapa pembeli sekitarnya pun mencoba menghubungi pihak pemadam kebakaran untuk bantuan pemadaman api,” tutur Rizha.

Ia menambahkan bahwa api dapat dipadamkan pada pukul 14.00 WIB. Pemadaman ini turut dibantu petugas PLN, Polsek Lhoknga diback up Polresta Banda Aceh, relawan ERPA, RAPI dan Koramil setempat dalam pengamanan di lokasi kejadian.

“Tidak ada korban jiwa dan penyebab kebakaran berawal dari pembakaran sampah yang tidak diawasi,” kata Rizha.

Editor: dani

Shares: