News

Kasus Meningkat, Stok Reagen PCR di RSUZA Mulai Terbatas

Bom Waktu COVID-19 di Aceh
Ruang RSUZA. (popularitas/dani)

POPULARITAS.COM – Stok Reagen yang digunakan untuk pengetesan Covid-19 di rumah sakit rujukan di Aceh mulai menipis. Hal itu diakibatkan tingginya lonjakan kasus dalam sepekan terkahir.

Humas Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Rahmady membenarkan bahwa saat ini pihaknya hanya mengirim sampel tes swab ke Balitbangkes Aceh, karena stok reagen PCR terbatas.

“Benar mulai terbatas (reagen). Kalau dilihat dari jumlah yang kita periksa selama ini (Lonjakan kasus),” kata Rahmady saat dikonfirmasi, Rabu (2/6/2021).

Saat ini pihaknya juga sudah dibantu oleh Dinas Kesehatan Aceh dan Balitbangkes Aceh untuk pengiriman pemeriksaan sampel swab.

“Kita dibantu Dinkes Aceh, reagen PCR juga ada di Litbangkes, tapi selama ini yang banyak pemakaiannya di RSUDZA, jadi dengan mereka membantu kita bisa mengurangi beban,” ucapnya.

Diketahui, jumlah kasus Covid-19 meningkat pasca lebaran. Dari data yang dihimpun, jumlah kasus Covid-19 di Aceh selama dua pekan mencapai 2.244 orang.

Secara akumulatif kasus Covid-19 di Aceh, per  1 Juni 2021, telah mencapai 15.139 kasus. Rinciannya, para penyintas, yang sudah sembuh dari Covid-19, sebanyak 11.890 orang. Penderita yang sedang dirawat 2.652 orang, dan kasus meninggal dunia secara akumulatif sudah mencapai 597 orang.

Shares: