Kadisbudpar Aceh lantik DPW KSBN

POPULARITAS.COM – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Amunizal Kamal, atas nama Pj Gubernur, lantik kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) provinsi Ujung barat Sumatra tersebut.

Acara pelantikan itu, dilangsungkan di aula kampus Universitas Muhamadiyah, Jumat (29/7/2022) malam.

Dalam sambutannya, Kadisbudpar Aceh Almunizal Kamal yang membacakan amanat Pj Gubernur Achmad Marzuki, pinta agar KSBN dapat menjadi garda terdepan dalam promosi dan pengembangan serta pelestarian budaya di daerah itu.

Ia menyebutkan, Aceh miliki ragam karya, baik seni sastra Lisan, visual, dan juga pertujukan. Untuk itu, keberadaan KSBN di daerah ini, dapat menggali kembali potensi bidaya di provinsi ini yang masih banyak belum diungkap.

“Aceh kaya akan budaya, KSBN perlu menggalinya dengan literasi, dan riset,” kata Almunizal.

Ia pun berpesan, biarkan seni budaya dalam bentuk warna warninya yang indah dan menyentuh hati, serta menjadi duta besar keluhuran adat istiadat, budi pekerti dan budaya Aceh di depan masyarakat global.

“Sehingga Aceh akan semakin dikenal sebagai negeri penghasil produk seni budaya unggul bernilai tinggi,” katanya.

Sebelum mengakhiri sambutan, Almuniza mengucapkan selama kepada pengurus KSBN Aceh yang baru dikukuhkan oleh Ketua Umum (Ketum) DPP KSBN, Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji .

“Selamat bertugas kepada pengurus DPW KSBN Aceh Periode 2022-2027,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPW KSBN Aceh, Sulaiman menyampaikan, Aceh memiliki beragam seni dan budaya yang perlu dilestarikan dan diangkat ke skala nasional maupun internasional. 

Selain itu, menurutnya saat ini banyak sekali dimensi seni yang berkembang, seperti seni tari, seni musik, seni rupa, seni sastra, dan seni teater. 

Oleh sebab itu, dengan hadirnya KSBN, pihaknya ingin seni dan budaya nusantara, khususnya Aceh, dapat terus terjaga dan terawat karena hal tersebut merupakan identitas bangsa. “Mari kita berperan aktif menyukseskan kepengurusan KSBN Aceh selama satu periode ke depan,” sebut Sulaiman, yang juga anggota DPR Aceh.

Comments
Loading...