Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Festival Pesona Barat Selatan Sukses, Safaruddin : Dongkrak ekonomi usaha kecil

Even pariwisata Festival Pesona Barat Selatan 2022, Rabu (31/8/2022) berakhir, dan secara resmi ditutup oleh Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin. Kegiatan bertajuk Semarak Seni Kemilau Budaya, yang telah berlangsung sejak 29 Agustus 2022 itu mendapat antusiasme dari banyak warga.
Festival Pesona Barat Selatan Sukses, Safaruddin : Dongkrak ekonomi usaha kecil
Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin, saat menutup even Festival Pesona Barat Selatan, di lapangan Naga Kota Tapaktuan. Kegiatan bertajuk Semarak Seni Berkilau Budaya itu, sukses digelar, dan berakhir pada 31 Agustus 2022.

POPULARITAS.COM – Even pariwisata Festival Pesona Barat Selatan 2022, Rabu (31/8/2022) berakhir, dan secara resmi ditutup oleh Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin. Kegiatan bertajuk Semarak Seni Kemilau Budaya, yang telah berlangsung sejak 29 Agustus 2022 itu mendapat antusiasme dari banyak warga.

Hal itu ditandai dengan jumlah kunjungan masyarakat yang padati acara itu setiap hari, dan bahkan, saat penutupan, meski hujan melanda daerah itu, ribuan warga hadir berdesakan padati Lapangan Naga, Kota Tapaktuan, tempat berlangsung acara.

Warga yang hadir tidak hanya dari Aceh Selatan saja, bahkan dari daerah tetangga kabupaten itu, mendatangi lokasi acara untuk melihat ragam atraksi dan pameran budaya dan seni yang dihelat di festival tersebut.

Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin, saat menutup acara itu mengatakan, secara keseluruhan, Festival Pesona Barat Selatan 2022 berlangsung sukses. Kesuksesan ini tentu berkat kerjasama semua pihak, baik Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, dan juga Pemkab Aceh Selatan selaku tuan rumah.

Yang terpenting dari even ini, selain menggerakan sektor kepariwisataan, acara ini juga dapat mendongkrak perekonomian daerah. Hal tersebut ditandai dengan selama kegiatan berlangsung, sektor usaha kecil tumbuh, dan dapat merasakan dampaknya.

Dia menambahkan, pelaksanaan Festival Pesona Barat Selatan ini menunjukkan komitmen Pemerintah Aceh yang tidak pilih kasih dalam membangun daerah di 23 kabupaten/kota.

“Terbukti, tadi pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh membeberkan pada saya, dengan suksesnya pelaksanaan kali pertama tahun ini, selanjutnya Pemerintah Aceh akan berupaya menjadikan Festival Pesona Barat Selatan sebagai kelender event tahunan,” ujar Safaruddin disambut tepuk tangan tamu dan pengunjung.

Anggota dewan asal Aceh Barat Daya itu juga mengutip pengakuan Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran yang menerangkan bahwa event ini memberikan dampak besar bagi masyarakat Aceh Selatan. Lewat event ini, perekonomian kembali bangkit setelah dilanda pandemi.

Dia berharap, Pemerintah Aceh melalui Disbudpar terus berinovasi dan berkreasi dalam memperkenalkan objek wisata Aceh.

“Insyaallah acara ini akan kita gilirkan ke depannya untuk perkenalkan wisata di wilayah Barsela ke kancah nasional dan internasional. Karena itu mari dukung terus pembangunan pariwisata agar dapat meningkatkan perekonomian daerah,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Aceh Almuniza Kamal menerangkan, Festival Pesona Barat Selatan 2022 telah menampilkan beragam rangkaian kegiatan, mulai dari Jalan Santai, Pameran Produk UMKM Unggulan, Pentas Seni dan Budaya dari delapan kabupaten/kota di Barsela, Lomba Rapai Geleng, hingga penampilan artis nasional dan lokal.

“Saya sangat mengapresiasi antusiasme warga Aceh Selatan dan Barsela umumnya, yang tetap mengunjungi kegiatan ini dari pembukaan hingga penutupan meskipun dalam kondisi hujan,” ujar Almuniza di lokasi terpisah.

Kadisbudpar Aceh menuturkan, atraksi seni dan produk ekonomi kreatif yang ditampilkan dalam Festival Pesona Barat Selatan 2022 betul-betul menggambarkan keunikan potensi Barsela. 

“Kemarin saya mencoba langsung sejumlah makanan olahan di semua stan daerah Barsela, semuanya unik, enak, dan punya ciri khas masing-masing. Ini artinya mereka sudah memiliki nilai tawar lebih saat wisatawan berkunjung ke daerahnya. Produk ekonomi kreatif ini harus terus dikembangkan agar menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” ujar Almuniza. 

Almuniza berterima kasih kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat Aceh Selatan yang sudah sangat antusias menyemarakkan event ini.

“Kita berharap event ini berhasil memperkenalkan potensi wisata, seni dan budaya yang ada di delapan daerah Barsela ke masyarakat luar, sehingga dapat berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Almuniza berharap, pelaksanaan Festival Pesona Barat Selatan tahun ini dapat menjadi cermin bagi pemerintah dan masyarakat di Barsela untuk berbenah, dalam membangun perekonomian dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Pesan saya, sehabis dari event ini, pemerintah dan masyarakat di Barsela tidak istirahat, melainkan terus berinovasi agar daerahnya lebih maju dan juga mempersiapkan diri menuju event berikutnya,” tutur Almuniza.

Penutupan Festival Pesona Barat Selatan 2022 dikemas dalam serangkaian kegiatan. Mulai dari pertunjukan Tarian Landok Sampot Aceh Selatan, penampilan musikalisasi puisi dan seni hikayat dari Nagan Raya, pembagian hadiah kepada pemenang aneka lomba, santunan anak yatim, serta malamnya diakhiri dengan penampilan artis nasional Rury Repvblik dan Wahyu Selow.

Pemenang Aneka Lomba

Panitia juga mengumumkan para pemenang aneka lomba. Pemenang stan terbaik yaitu Aceh Selatan meraih juara 1, disusul Simeulue juara 2 dan Subulussalam juara 3. 

Pemenang lomba rapai geleng, juara 1 diraih Sanggar Fajar Barona (Aceh Selatan), juara 2 Sanggar Putra Remaja (Aceh Barat) dan juara 3 Sanggar Cahaya Gemilang (Nagan Raya).

Pemenang lomba follow the line Alquran, juara 1 diraih Rihhatul Aisya dari SDN 5 Unggul Tapaktuan, disusul Lathifa Nur Hidayat dari SDN 9 Tapaktuan dan Nadhiratus Salsabila dari MIN 14 Aceh Selatan.

Shares: