News

Dukung Investasi UEA, Kemenko Marves Tinjau Usulan Pembangunan Infrastruktur di Singkil

Rapat koordinasi percepatan investasi UEA di Aceh Singkil. (ist)

POPULARITAS.COM – Untuk mendukung percepatan investasi Uni Emirat Arab (UEA) melalui Murban Energy pada sektor pengembangan pariwisata di Pulau Banyak-Aceh Singkil, tim Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI berkunjung ke Aceh Singkil untuk menggelar rapat kordinasi.

Kunjungan itu untuk meninjau terkait usulan pembangunan infrastruktur dan konektivitas di daerah tersebut. Rapat koordinasi itu juga dihadiri oleh Kadisbudpar Aceh, Bupati Aceh Singkil, Staf Khusus Gubernur Aceh, Kadis DPMPTSP Aceh dan pihak terkait lainnya.

Para delegasi melakukan peninjauan melalui rute Jalan Kab/Provinsi/Nasional Aceh Singkil – Subulussalam – Masingol – Dolok – Balige – Silangit (256 KM) untuk melihat langsung infrastruktur yang akan mendukung aksesibilitas rencana pengembangan investasi Murban Energy di Pulau Banyak.

Ketua Tim Koordinasi Penanganan Sengketa/Permasalahan Investasi dan Perdagangan Kemenko Marves, Leo Mualdy Christoffel mengatakan, hasil dari peninjauan itu nantinya akan disampaikan ke Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan.

“Setelah rapat koordinasi ini dalam jangka waktu satu bulan kita sudah update kepada Menko Marves dan melakukan pertemuan lagi untuk menerima progres lebih lanjut,” katanya, Kamis (10/6/2021).

Sementara itu Kepala DPMPTSP Aceh, Marthunis mengatakan, perlu adanya insentif di daerah untuk menunjang infrastruktur.

“Perlu adanya insentif di daerah, saya kira kalau tidak adanya insentif bagi investasi daerah terpencil maka investasi tidak akan matang karena biasanya orang akan memilih investasi di daerah yang infrastrukturnya sudah matang,” ujarnya.

Staf Khusus Gubernur Aceh Iskandar menyampaikan, Pemerintah Aceh dan Murban Energy Ltd sebelumnya telah menandatangani Letter of Intents (Lol) pada Business Forum Indonesia – United Arab Emirates di Jakarta, 5 Maret 2021 yang menjadi tahap awal minat percepatan pengembangan investasi oleh Murban Energy di Pulau Banyak, Aceh Singkil.

“Komitmen untuk turut membangun infrastruktur seperti airport, port dan jalan serta memberi manfaat sosial bagi masyarakat sekitar dari berbagai aspek dan kalangan terus kita kebut,” kata Iskandar.

Shares: