News

Dua Peristiwa Kebakaran Hutan dan Lahan Landa Aceh Besar

Kebakaran hutan. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Dua persitiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda Kabupaten Aceh Besar, pada Senin, 24 Februari 2020.

Staf Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Henny Nurmayani menyebutkan, peristiwa pertama terjadi di Desa Meunasah Lambaro, Kecamatan Lhoknga. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 13.35 WIB.

Adapun luas lahan yang terbakar, rinci Henny, yaitu seluas 1,5 Hektare. Belum diketahui pasti apa penyebab kebakaran, saat ini perkara ini dalam penanganan pihak kepolisian.

Henny menambahkan, dalam memadamkan api, BPBD Aceh Besar mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran dengan dukungan lima personel. Pemadaman juga dibantu masyarakat, TNI dan aparat kepolisian.

“Kondisi akhir, api sudah berhasil dipadamkan pada pukul 16.30 WIB,” kata dalam keterangannya kepada wartawan di Banda Aceh, Senin, 24 Februari 2020 sore.

Sedangkan peristiwa kedua, kata Henny, kebakaran melanda Desa Pasie Beutong, Kecamatan Darul Imarah. Di lokasi ini, ½ hektare lahan pohon rumbia habis terbakar.

Kejadian itu, kata Henny, terjadi sekitar pukul 14.58 WIB. Diduga, kebakaran akibat pembakaran sampah yang dilakukan tanpa pengawasan di dekat pohon rumbia. Dalam memadamkan api, BPBD Aceh Besar mengerahkan satu unit armada pemadam.

“Petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar pos sibreh mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian, api dapat dipadamkan sekitar pukul 15.40 WIB,” pungkasnya.*(C-008)

Shares: