Dirjen Adwil Kemendagri kuliah motivasi mahasiswa baru FISIP USK

POPULARITAS.COM – Dr Safrizal ZA, Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayah (Bina Adwil) Kemendagri, Sabtu (6/8/2022), beri kuliah motivasi bagi 530 mahasiswa baru di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Syiah Kuala (USK).

Dihadapan mahasiswa baru itu, Safrizal Za menguraikan persoalan dan tantangan global kedepan yang akan dihadapi generasi muda. Untuk itu, dia meminta para pemuda harus senantiasa dapat memperbaharui skil dan kemampuannya agar dapat raih kesuksesan.

Situasi global terus berubah, sebab itu, anak muda Indonesia mesti punya mindset dan daya pikir yang menyesuaikan dengan konteks perubahan dunia. Keluar dari zona nyaman alternatif yang harus dipikirkan hadapi hal itu, paparnya.

Saat ini, katanya lagi, dari data statistik jumlah partisipasi S1 di  Aceh kurang dari 3 persen dari total penduduk, itu bermakna bahwa mahasiswa merupakan elemen penting dan strategis untuk menentukan arah, dan gerak perubahan kedepannya.

Generasi muda saat ini, terangnya lagi, setidaknya harus punya 8 skil sebagai bekal kompetensi untuk bersaing di kancal glonal, yakni, Militan, Optimis, Tangguh, Integritas, Visioner, Adaptif, Smart, dan Inovatif atau disingkat Motivasi.

Untuk menuju kesuksesan diperlukan kemauan untuk belajar dari masing-masing individu. Setiap mahasiswa harus memiliki impian, rasa kepedulian, komitmen yang kuat, lingkungan suportif, dan budaya literasi yang tinggi.

Transformasi digital yang semakin canggih memunculkan kekhawatiran tersendiri dikarenakan saat ini angka literasi di Indonesia sangat rendah. 

Safrizal juga menyampaikan “Transformasi digital ini merupakan suatu peluang bukan hambatan. E-book dan jurnal-jurnal internasional terpercaya sangat mudah diakses secara daring. Kepustakaan digital harus menjadi kultur bagi mahasiswa S1. Jadi kalian harus pandai-pandai memanfaatkan peluang, jika tidak ada peluang maka ciptakanlah peluang.”

Sebelum menutup paparannya, Dirjen Bina Adwil Kemendagri itu menaruh harapan besar bagi mahasiswa baru FISIP USK, agar dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjadi mahasiswa yang berkarakter,berintegritas dan siap bersaing di kancah global, demikian DR Safrizal ZA.

Comments
Loading...